Sebanyak Delapan Sub Etnis Pengaruhi Kebudayaan Jatim

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 6 Februari 2018 | 18:50 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 279


Surabaya, InfoPublik - Kekayaan budaya Jatim yang tersebar di 38 kabupaten/kota dipengaruhi delapan sub etnis Osing, Pendhalungan, Tengger, Arek, Madura, Mataraman, Ponoragan, dan Samin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jatim, Jarianto di Surabaya, Selasa (6/2/2018) mengatakan, pengaruh etnis mewarnai berbagai kesenian, beragam budaya, dan even wisata yang terus berkembang di Jatim.

“Banyak tari dan seni tradisi yang diciptakan para seniman terinspirasi dari keunikan etnis Jatim. Bisa gerakan, busana, dan serta adat istiadatnya itu yang membuat Jatim sangat kaya akan seni budaya,” kata Jarianto.  

Sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Indonesia, Jatim mempunyai letak geografis yang menguntungkan, karena berada di antara tiga detinasi yang sangat dikenal masyarakat dalam dan luar negeri Borobudur, Jogjakarta, dan Bali.

“Jatim tidak akan kalah dengan daerah Bali atau Jogjakarta karena kita punya wilayah lebih luas dengan jumlah kabupaten/kota lebih banyak, yang otomatis punya ragam budaya yang sangat unik dan beragam,” tutur Jarianto.

Ada sedikitnya 50 top kegiatan kebudayaan dan pariwisata bertaraf nasional dan internasional, akan digelar pemerintah propinsi bersama kabupaten/kota sepanjang tahun ini.

“Kami sangat optimis kebudayaan, seni, dan pariwisata Jatim bisa semakin berkembang dan dikenal dunia,“ kata Jarianto optimis. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/Noor)