Jakarta, InfoPublik - Asian Games akan digelar Agustus 2018 mendatang. Asian Games adalah pesta yang besar bukan hanya puluhan ribu atlet dan official staff namun juga penonton yang juga akan datang ke Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI dr Untung Suseno Sutarjo MKes mengatakan sektor kesehatan merupakan sesuatu hal yang sangat luas dan penting dalam menyukseskan Asian Games 2018. Menjelang Asian Games di dalam negeri telah dibentuk kepanitiaan nasional.

“Dari sisi kesehatan yang terlihat memang baru kesiapan penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Bukan hanya pelayanan kesehatannya, tetapi lebih ke arah mencegah risiko, sehingga kita butuhkan surveilans dan lain sebagainya,” kata dr Untung, Selasa (6/2).

Ia juga menegaskan fokus kesehatan dalam masa persiapan saat ini lebih diarahkan untuk mengantisipasi potensi risiko ancaman kesehatan, baik yang ada di dalam negeri maupun yang mungkin dibawa ke Indonesia.

dr. Untung berpesan bahwa sektor kesehatan perlu dipersiapkan lebih matang agar jangan sampai timbul masalah kesehatan. Namun bila muncul masalah kesehatan, harus cepat tanggap untuk menyelesaikannya. Mengingat Asian Games merupakan national event yang besar bagi Indonesia.

Kementerian kesehatan telah mendedikasikan 218 ambulans dan 21 rumah sakit rujukan khusus untuk penyelenggaraan Asian Games. Selain itu juga sudah melakukan pengendalian vektor di venue, menyelenggarakan pelatihan, dan menerbitkan modul emergency in sport event bagi para tenaga kesehatan.

Asian Games ke-18 akan digelar Agustus mendatang akan mempertandingkan 40 cabang olah raga, 462 pertandingan dan melibatkan sekitar 35.000 atlet, official dan tenaga sukarela dari 45 negara.