Wakil Bupati Tanah Datar Buka Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah

:


Oleh MC Kab Tanah Datar, Selasa, 6 Februari 2018 | 10:54 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 448


Batusangkar, InfoPublik - Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma membuka secara resmi Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Datar yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) di Hotel Emersia, Batusangkar, Senin (5/2).

Hadir pada kegiatan itu,  Dirjen Bina Bangda Kemendagri diwakili Dody Afrianto, Kepala Bappeda Sumbar, Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah,  Inspektur, Pejabat Perencana seluruh OPD dan camat di lingkup pemerintah Tanah Datar.

Zuldafri menegaskan, setiap instansi pemerintah wajib melakukan perencanaan pembangunan daerah yang meliputi tahapan penyusunan, pelaksanaan rencana, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang secara hirarki dimulai dari penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD),

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis Organisasi Perangkat Daerah (Renstra OPD), dan Rencana Kerja Ogranisasi Perangkat Daerah (Renja OPD).

“Penyusunan semua dokumen tersebut adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling terintegrasi dalam kerangka pencapaian tujuan pembangunan di daerah. Peran para Pejabat Perencana seluruh OPD yang hadir disini sangatlah strategis dan penting untuk merumuskan prioritas pembangunan yang telah disepakati bersama.

"Untuk itu harus ditanamkan dalam pikiran pejabat perencana bahwa Perencanaan yang baik adalah setengah dari kesuksesan, setengah lagi tergantung dari pelaksanaan,” kata wabup.

Pejabat Perencana seluruh OPD harus selalu melakukan koordinasi secara intensif dengan Baperlitbang selaku koordinator perencanaan pembangunan di daerah. Perencanaan pembangunan yang akan disusun saat bimtek ini harus mengacu kepada empat pilar terpadu unggulan pembangunan. “Kami harapkan dalam Renstra OPD memprioritaskan program atau kegiatan untuk mendukung empat pilar pembangunan yakni Peningkatan Kualitas SDM dan Pendidikan, Peningkatan Pembangunan Pertanian, Peningkatan dan Pengembangan Pariwisata dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Hasil pencapaian target pada masa RPJMD oleh OPD merupakan bagian dari pertanggungjawaban kepala daerah dan wakil kepala daerah di akhir masa jabatan,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan  Kabid Litbang dan Perencanaan Baperlitbang Masni Yuletri menjelaskan, Baperlitbang merupakan salah satu organisasi perangkat daerah yang berperan utama dalam perumusan, perencanaan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar, salah satu dokumen perencanaan yang sangat penting adalah Renstra OPD yang merupakan turunan dari RPJMD.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan aparatur perencana di lingkup pemerintah daerah Kab Tanah Datar tentang isu-isu strategis dan konsep perecanaan pembangunan, tersusunnya rencana strategis OPD (renstra OPD) tahun 2016-2021, tersusunnya draft rencana kerja (Renja) OPD tahun 2019.

Untuk narasumber dihadirkan dari Ditjen Bangda Kemendagri dan Bappeda Provinsi Sumbar dengan peserta pelatihan yakni Pejabat Perencana seluruh OPD dan camat di lingkup pemerintah Tanah Datar yang dilaksanakan mulai tanggal 5 S/D 7 Februari 2018.