Jakarta, InfoPublik - Terjadi longsor pada perlintasan kereta api (KA) Bogor - Sukabumi pada Senin (5/2). Tercatat ada 2 titik longsor pada lintas tersbut. Akibat kejadian ini perjalanan sejumlah KA, baik itu KA penumpang maupun KA barang yang melewati lintas tersebut mengalami gangguan. 

Longsornya tanah ditengarai diakibatkan curah hujan tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya. Dua titik tersebut, yakni di petak jalan Cigombong-Cicurug pada km. 20+7/8 dan di petak jalan Batu Tulis-Maseng pada km. 13+8/9. 

Senior Manajer Humas Daop I Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim guna menangani gangguan tersebut.

Lebih lanjut Edy mengemukakan, kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya pembatalan sejumlah KA dan pemotongan relasi KA. Lintas Bogor - Sukabumi sendiri tiap harinya dilalui 10 perjalanan KA, terdiri dari 6 KA penumpang, dan 4 KA angkutan barang. 

"Pembatalan dan pemotongan relasi KA dilakukan PT KAI Daop 1 Jakarta sampai jalur tersebut dinyatakan aman dan dapat dilalui oleh KA," ujarnya, Senin (5/2).

PT KAI Daop 1 Jakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan KA lintas Bogor - Sukabumi. Bagi masyarakat disarankan untuk menggunakan moda transportasi lainnya.