Prajurit Yontaifib 1 Gelar Persiapan Latihan Parsial

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 6 Februari 2018 | 08:17 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 387


Surabaya InfoPublik - Menjelang latihan parsial, para prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir (Yontaifib-1 Mar) melaksanakan penyiapan material RDO (Rubber Duck Operation). Persiapan dilakukan di KRI Teluk Lampung 540, Senin (5/2).

Latihan diikuti oleh seluruh satuan Intai Amfibi yang ada di Korps Marinir, baik yang berada di Pasmar-1 maupun yang ada di Pasmar-2. Latihan Pemantapan Taifib TW IV TA 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan koordinasi taktik dan teknik unsur-unsur di jajaran Yontaifib Korps Marinir dalam melaksanakan tugas.

“Dengan latihan parsial ini, maka prajurit diharapkan tetap memelihara kemampuan dan keterampilan profesionalisme satuan. Hal itu untuk melaksanakan operasi-operasi khusus yang di berikan oleh komando atas,” kata Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono akhir pekan lalu.

Adapun materi latihan yang dilatihkan kali ini mengacu pada tiga media yaitu pada aspek udara meliputi mobud, combat free fall, rubber duck operation, dan pandu para. Kedua adalah aspek darat meliputi patroli, taktik kondisi tertentu, menembak Sniper, menembak reaksi, dan pembebasan sandera. Ketiga adalah aspek laut meliputi long range navigation dan menembak di atas sea rider, serta intelijen yang meliputi infiltrasi dan exfiltrasi, cover concealment dan compartementation (C3), teknik matbar, teknik puldata, dan teknik penyampaian berita.

Pelaksanaan latihan parsial akan dilaksanakan di perairan Selat Melonguane Sulawesi Utara. Selanjutnya, latihan pemantapan Taifib TW IV TA 2017 digelar di Miangas, pulau yang lokasinya berbatasan dengan negara Filipina. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)