Pemprov Gorontalo Akan Kembangkan Agrowisata di Lombongo

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Senin, 5 Februari 2018 | 13:39 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 560


Gorontalo, InfoPublik - Aset tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo yang terletak di obyek wisata air panas Lombongo, Kabupaten Bone Bolango akan difungsikan. Hal itu menyusul telah keluarnya sertifikat hak milik seluas lebih kurang 26 Hektar dari total keseluruhan yang mencapai 32 Hektar.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau lokasi, Kamis (1/2). Menurut Rusli, tanah yang menjadi sumber pembibitan tanaman holtikultra Dinas Pertanian itu akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata.

“Lokasinya sangat potensial untuk kita kembangkan karena alamnya masih terjaga, punya air panas dan air dingin. Berikutnya juga, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota,” jelas Rusli Habibie.

Ketika ditanya soal lahan yang telah digunakan oleh Pemkab Bone Boalngo, Gubernur Rusli tidak banyak berkomentar. Ia menyerahkan kajian tersebut kepada para pembantunya, termasuk soal sejumlah bangunan sebagai bagian dari obyek wisata air panas Lombongo yang dikelola oleh Pemkab Bone Bolango.

“Yang pasti lahan ini milik Pemprov. Makanya saya ke sini mengajak Asisten, Kadis Keuangan dan Aset serta Kepala Biro Hukum. Kita akan kaji lagi secara administrasi dan hukum tentang tanah yang sudah didirikan bangunan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Holtikultura, Junawir Panigoro menjelaskan tentang kronologis aset yang dikelolanya itu. Menurut Junawir, sebelum dihibahkan ke Pemprov Gorontalo, tanah tersebut milik Dinas Pertanian Provinsi Sulut sebagai sumber benih tanaman Holtikulura. Setelah pemekaran provinsi, tanah dialihkan kepemilikan kepada Pemkab Gorontalo (sebelum dimekarkan jadi Bone Bolango).

“Oleh Pemkab Gorontalo diserahkan ke Pemprov Gorontalo. Tahun 2007 kita mulai urus sertifikat kepemilikannya dan alhamdulillah sekarang sudah keluar sertifikat dengan luas 26 Hektar. Sisanya masih sedang kita urus,” terang Junawir. (mcprovgorontalo/humas/isam/Vira)