Panglima: TNI Polri Solid Jaga NKRI Sesuai Tugas Masing-masing

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 5 Februari 2018 | 10:46 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 746


Jakarta, InfoPublik -  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan TNI dan Polri tetap solid dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tetap aman,  damai, utuh dan  tidak terpecah-pecah.

"TNI dan Polri tetap solid dalam menjaga NKRI sesuai dengan tugasnya masing-masing," demikian tegas Panglima saat memberikan pengarahan di hadapan 300 Prajurit TNI dan Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN), di Hanggar Lanud Manuhua Biak, Papua, Jumat (2/2).

Hadi menyampaikan rasa bangga kepada Prajurit TNI dan Polri serta ASN yang telah mampu menunjukan soliditasnya kepada seluruh masyarakat dalam menjaga keamanan dan keutuhan Indonesia. “Hal ini harus terus dijaga dan dipupuk bukan hanya di tataran pimpinan saja dan sekadar seremonial belaka,namun harus sampai ketingkat prajurit paling bawah,” tegasnya.

Hadi Tjahjanto mengatakan wilayah timur Indonesia, khususnya Biak, merupakan wilayah yang sangat strategis, karena merupakan pintu masuk menuju wilayah-wilayah pedalaman yang ada di Papua. Salah satu bukti dalam pertumbuhan ekonominya Biak telah memiliki salah satu landasan udara terpanjang di Indonesia. “Panjang landasan tersebut mencapai 3.500 meter dan dilengkapi fasilitas pendukung seperti alat bantu navigasi, dukungan logistik dan aftur dalam mendukung seluruh penerbangan pesawat,” ucapnya.

Di sisi lain kedepan pemerintah akan memprioritaskan Biak dalam program-program pembangunan, khususnya program Poros Maritim Dunia. “Hal ini dapat dilihat dari Rencana Strategis pemerintah pada tahun 2024 yaitu apabila perekonomian Indonesia naik, maka Biak akan menjadi wilayah yang mirip Hawai sebagai tempat pariwisata,” ujarnya.

Menurutnya, untuk mencapai pembangunan ekonomi yang baik, maka stabilitas keamanan nasional sangat dibutuhkan. “Untuk itu, TNI dan Polri harus tetap solid sangatlah dibutuhkan. Kita harus menjaga dan merekatkan soliditas TNI dan Polri termasuk ASN, karena soliditas TNI dan Polri adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegas Panglima TNI.