Walikota Malang Apresiasi Kemandirian Warga

:


Oleh MC Kota Malang, Senin, 5 Februari 2018 | 10:32 WIB - Redaktur: Kusnadi - 449


Malang, InfoPublik – Kampung dalam taman menjadi slogan dari RW 10 Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang. Ini disampaikan oleh Lurah Sawojajar Moch Fakihuddin, SH., M.Si di sela sela peresmian Masjid Al-Fatah di Jalan Danau Tondano Barat Sawojajar, Minggu (04/02).

Satu di antaranya dengan memanfaatkan halaman Masjid Al-Fatah menjadi taman yang ramah anak dan keluarga. Hal ini mendapat respons positif dari Walikota Malang H. Moch Anton.

"Dalam satu hari ini, saya meresmikan tiga masjid yang baru selesai dibangun. Ini menunjukkan kegairahan beribadah," ujar Abah Anton (H. Moch Anton) di hadapan warga RW 10 Kelurahan Sawojajar.

Lebih menggembirakan,  kata dia, sebagian besar pembangunan masjid berangkat dari kemandirian masyarakat. Pembangunan yang tumbuh dari warga ini yang menjadi kekuatan Kota Malang.

Hal ini ditopang oleh kondusifnya Kota Malang, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang sebesar 80,46 persen dan menjadi tertinggi di Jawa Timur. Di tambahkan pria yang dijuluki warganya dengan "Wagiman" atau Walikota Gila Taman, tingkat kenyamanan Kota Malang juga dinobatkan sebagai kota layak huni dengan tumbuh kembang kampung tematik.

"Yang baru diresmikan adalah Kampung Biru di Kelurahan Sukoharjo. Ini memperlihatkan bahwa kota pendidikan ini telah tertata di jalur yang tepat," kata Abah Anton.

Selain mengikuti peresmian Masjid Al-Fatah,  Abah Anton juga berkesempatan meresmikan Yayasan Baiturrokhman yang menampung dan membina santri yang berasal dari anak-anak di kawasan perkampungan Sawojajar.

Khusus kepada pengelola yayasan,  Abah Anton berpesan pentingnya untuk menanamkan budi pekerti dan penguatan sendi-sendi moral agama, memperhatikan maraknya narkoba,  kekerasan seksual hingga tindak kriminal yang membawa korban anak-anak.

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH, Camat Kedungkandang  I Ketut Widi E. Wirawan, S.Sos., M.Si dan Lurah Sawojajar Moch Fakihuddin, SH., M.Si. (Achmad Syaiful Affandi/ Ramli Prayoga)