Wakil Bupati Blora Luncurkan Wana Wisata Cemoro 7

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Senin, 5 Februari 2018 | 07:51 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 489


Blora, InfoPublik-Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya wana wisata Cemoro 7 dan peluncuran Kampung Durian Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Kec. Tunjungan, Jumat (2/2).

Acara yang dilaksanakan Dinporabudpar, Perhutani KPH Blora dan Pokdarwis setempat diapresiasi dengan merasakan sensasi yang luar biasa.

"Saya merasakan sensasi yang luar biasa, ini membuktikan Blora punya potensi. Khususnya buah durian yang enak dan tidak kalah dengan wilayah lain," ucapnya setelah jalan-jalan (mlaku-mlaku) bersama Forkopimda, Forkopimca, Pimpinan OPD, Kades dan Administratur Perhuhati KPH Blora dari Kampung Durian Nglawungan.

Sejatinya wana wisata Cemoro 7 merupakan inisasi Bupati Blora Djoko Nugroho. "Diharapkan bisa dikembangkan, terutama sarana untuk foto selfi, sarana bermain seperti kolam kecek dan yang tidak kalah penting adalah MCK. Silahkan BRI kalau akan membangun MCK," ujarnya.

Disarankannya, Dinporabudpar membuat iven manarik yang bernuansa budaya dan kearifan lokal.

"Pariwisata bisa membuat iven, seperti sedekah bumi (gasdeso). Kemudian di dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi, sehingga Greneng lebih dikenal,"jelasnya.

Akses jalan, katanya, harus dibenahi, sehingga nyaman untuk dilalui. "Akses jalan, mulai dari Maguan, sampai lokasi kampung durian, perlu dibenahi, mulai tahun ini,"tuturnya.

Setiap sepekan sekali,Dinporabudpar dapat membuat iven musik. Terkait pembangunan infrastruktur jalan, kepala DPUPR Blora Ir. Sam Gautama K, mengemukakan pada tahun 2018 dianggarkan Rp.5,5 Milyar. Hanya saja, anggaran tersebut belum mencukupi, sehingga dilaksanakan sebagian dan direncanakan bertahap.

Pada kesempatan yang sama, Administratur Perhutani KPH Blora, Rukman Supriatna, mengemukakan, lokasi wana wisata dinamakan Cemoro 7 karena di lokasi tersebut ada pohon cemara berjumlah tujuh.

"Kami sepakat menamakan wana wisata Cemoro 7," ujarnya. Dengan sinergi antara Perhutani, Pemkab Blora dan Pokdarwis, diharapkan menjadi daya tarik dan pesona wisata serta meningkatkan perekenomian warga sekitar. Sekadar diketahui, wana wisata Cemoro 7 berada di kawasan waduk Greneng, Kec. Tunjungan.

Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan perahu mesin (speed boat) yang disediakan Dinporabudpar Blora. Para pengunjung bisa juga berjalan kaki melintasi jembatan apung. (MC Kab.BLora/Teguh/eyv)