Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) mempersembahkan tiga game Android untuk anak-anak yang dapat diunduh di google play store antara lain Aku Anak Indonesia, Aku Peduli Lingkungan, dan Aku Anak Sehat Indonesia.

Game ini dapat dimainkan oleh anak-anak bersama orang tua, dan dibuat untuk memberikan nilai positif antara lain pembentukan karakter anak yang kreatif, pendidikan kesehatan dan lingkungan.

1. Aku Anak Indonesia
Ini merupakan sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak    dan turut membantu dalam pembentukan karakter anak yang kreatif. Di dalam permainan ini, terdapat 3 pilihan permainan.

a. Cita-cita yang Tepat
Dalam permainan Cita-cita yang Tepat ini, akan muncul seorang karakter dengan profesinya, dan juga akan muncul beberapa benda terkait dengan profesinya secara acak. Anak-anak dapat memilih benda terkait dengan profesi karakter yang tampil.

b. Puzzle Pemenang
Dalam permainan Puzzle Pemenang ini, anak-anak dapat memilih satu diantara banyak pilihan puzzle untuk diselesaikan. Tema puzzle yang diangkat adalah berbagai macam perilaku dan kegiatan yang positif. Cara bermainnya cukup mudah, anak-anak tinggal click dan tahan per-bagian puzzle, dan seret ke tempat puzzle untuk digabungkan menjadi kesatuan puzzle yang utuh.

c. Pilihan Terbaik
Dalam permainan Pilihan Terbaik ini, akan ada seorang karakter berlari ke arah kanan, dan tugas anak adalah memastikan karakter tersebut akan berlari ke arah icon yang memiliki keterangan kalimat positif. Cara bermainnya adalah, anak-anak hanya click atau sentuh layar di tempat kalimat yang positif sebelum karakter yang berlari menyentuh kalimat lainnya.

2. Aku Peduli lingkungan, merupakan sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak dan turut membantu dalam meningkatkan kepedulian anak terhadap aneka satwa, energi, dan sampah di liDi dalam permainan ini, terdapat 3 pilihan permainan :

a. Hemat Energi
Dalam permainan Hemat Energi ini, akan ada beberapa peralatan yang secara acak akan menyala /berfungsi. Anak-anak diharuskan meng-klik, atau menyentuh layar, untuk mematikan peralatan tersebut. Jika peralatan tersebut dibiarkan terus menyala, tentunya akan menjadi boros energi jika tidak dipakai.

b. Tempat Sampah Yang Benar
Dalam permainan Tempat Sampah Yang Benar ini, anak-anak dapat memilih tempat sampah yang benar dari berbagai sampah yang akun muncul secara acak. Terdapat 3 golongan tempat sampah, yaitu tempat sampah berbahaya, organik dan anorganik.

c. Satwa Indonesia
Dalam permainan Satwa Indonesia ini, anak-anak akan menyamakan siluet atau bayangan dari satwa di Indonesia, dengan satwa aslinya yang akan tampil acak di layar. Caranya cukup mudah, anak-anak hanya memilih dengan click salah satu satwa dari berbagai satwa yg tampil di layar.

3. Aku Anak Sehat Indonesia ini merupakan sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak dan turut membantu anak dalam memilih berbagai macam makanan dan kegiatan yang sehat. Di dalam permainan ini, terdapat 3 pilihan permainan :

a. Mencocokkan Makanan Dalam permainan Mencocokkan Makanan ini, akan muncul aneka macam benda seperti (Tulang, Paru-paru, Kulit, dll), dan juga akan muncul beberapa benda dengan manfaat yang terkait seperti (Air, Pisang, Pepaya, dll ). Anak-anak dapat memilih manfaat benda terkait dengan benda lainnya.

b. Memilih Kegiatan Sehat
Dalam permainan Memilih Kegiatan Sehat ini, anak-anak dapat memilih satu kegiatan sehat diantara dua gambar kegiatan. Cara bermainnya cukup mudah, anak-anak tinggal click gambar yang memiliki kegiatan sehat.

c. Menangkap Makanan Sehat
Dalam permainan Menangkap Makanan Sehat ini, akan ada seorang karakter yang memegang keranjang di tanggannya. Aneka makanan akan terjatuh dari atas. Cara bermainnya cukup mudah, anak-anak tinggal click dan geser karakter tersebut ke arah jatuhnya aneka makanan dari atas. Tentunya, makanan yang ditangkap adalah harus makanan sehat seperti tahu dan tempe, atau susu. (Sumber KemenPPPA)