Bupati Sergai Dorong Pengembangan Usaha Budi Daya Ikan Air Tawar

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Jumat, 2 Februari 2018 | 10:49 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 783


Serdang Bedagai, InfoPublik – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara Ir. H. Soekirman menerima kunjungan audiensi dan silaturahmi pelaku budi daya ikan air tawar Kabupaten Sergai, Kamis (1/2). Pada pertemuan itu, Bupati menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan usaha budi daya ikan air tawar. 

Ikut hadir pada pertemuan di ruang audiensi Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah itu Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Takdir Manurung, SP, MP, Pengusaha Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) Dumbo Jaya Desa Kota Galuh Handy (Aing) beserta rombongan.

Pada kunjungan audiensi tersebut, pengusaha UMKM Dumbo Jaya Handy atau biasa dipanggil Aing menyampaikan perkembangan dan situasi peternakan budi daya ikan air tawar di Kabupaten Sergai khususnya di Kecamatan Perbaungan yang menjadi sentra pengembangan ikan air tawar seperti patin, gurame, nila dan lele.

Dikatakan Aing bahwa dahulu, Ikan patin awalnya dianggap kurang bagus pemasarannya, namun berkat kerja keras dan dukungan dari semua pihak termasuk Pemkab Sergai, sekarang permintaan pasar akan komiditi ikan tersebut bahkan melonjak terus dari hari ke hari.

Seiring dengan keberhasilan budi daya ikan air tawar tersebut, puncaknya adalah berhasilnya Pemkab Sergai dan UMKM Dumbo Jaya meraih penghargaan Produktivitas Siddhakarya 2016 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) untuk kualifikasi Pemimpin dalam Industri (Industry Leader) Usaha Kecil dan Menengah yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Tengku Erry Nuradi, M.Si pada tahun 2016 lalu di Medan.

Lebih lanjut dikatakan Aing, dalam perjalanan bisnis budi daya tersebut tentu tidak semulus yang dibayangkan. Seperti halnya yang dialami saat ini, akibat aliran air sungai ular yang diduga tercemar bakteri dan parasit. Kemudian juga hal yang penting tentang adanya oknum yang tidak mendukung dengan budi daya perikanan seperti menutup saluran air sehingga menghambat perkembangan ikan, termasuk juga keamanan disekitar daerah budi daya.

“Untuk itu pada kesempatan ini kami mohonkan masukan dan saran dari Bapak Bupati Soekirman guna perbaikan dan keberlanjutan budi daya ikan air tawar yang saat ini telah menembus pasar nasional”, ujar Aing.

Menanggapi kunjungan audiensi dan silaturahmi dari pelaku usaha budi daya ikan air tawar Kabupaten Sergai tersebut, Bupati Soekirman menyambut baik dengan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan ini.

Terkait tantangan penyakit dan bakteri akibat saluran dari sungai ular, tentunya kita harus dapat membuat terobosan dan inovasi dalam hal menangkal penyakit dan bakteri yang mengancam kelangsungan hidup ikan air tawar tersebut seperti menanam kangkung cina yang berguna menetralisir bakteri. “Selain itu teknik pengolahan air dengan sistem teknologi juga dapat menjadi salah satu solusi akan bahaya bakteri tersebut”, terang Bupati.

Selanjutnya keamanan, dengan telah di sosialisasikannya pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di seluruh desa/kelurahan gunanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman di desa dan kelurahan masing-masing agar pelaku usaha khususnya dapat dengan tenang dan lancar melaksanakan usahanya. Kemudian diharapkan jika pengusaha, Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat ikut serta bahu membahu memasarkan produk, maka tentu akan menambah lapangan pekerjaan dan usaha guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Bupati mengingatkan bahwa setiap pelaku usaha dapat memenuhi kriteria yang sesuai terutama dalam hal administrasi dan melihat peluang usaha. Kebanyakan masih banyak kelompok perikanan yang tidak bisa maju, hal tersebut karena kurang matangnya dalam perhitungan usaha, juga karena pembukuan dan manajemen keuangan yang tidak baik.

“Saya mengharapkan para pengusaha dan masyarakat saling bersinergi dan memberikan masukan dalam berbagai hal, serta mendisiplinkan usaha dengan tertib administrasi sehingga usaha dapat berjalan lancar dan berkesinambungan," pungkas Bupati. (MC.Serdang Bedagai/vivi/Elvira)