Wisatawan Tiongkok Terbanyak Berkunjung ke Tanjungpinang

:


Oleh MC Provinsi Kepulauan Riau, Kamis, 1 Februari 2018 | 16:54 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 192


Tanjungpinang, InfoPublik – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan periode awal 2018, Tiongkok menjadi penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak yang berkunjung ke Kepri.

Sekitar 160 hingga 180 orang wisatawan asal negeri tirai bambu tersebut mengunjungi beberapa wilayah dalam satu kali penerbangan.

"Sebagian wisatawan berkebangsaan Tiongkok ada yang berlibur di Tanjungpinang dan ada juga di Bintan," ujarnya, Rabu (1/2) di Tanjungpinang.

Mulai ramainya kunjungan wisatawan mancanegara ini, lanjut Buralimar, menjadikan pihaknya berupaya maksimal memberikan pelayanan terbaik, termasuk jaminan rasa aman. Pemerintah daerah dan instansi terkait dikatakannya selalu bersinergi membangun Tanjungpinang yang aman dan damai bagi wisatawan. Namun begitu, tegasnya, terkait kemungkinan wisatawan yang menyalahgunakan visa dengan ingin menetap bukan sebagai wisatawan, pihaknya juga rutin berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencegah penyalahgunaan ijin tinggal.

"Jumlah wisatawan asal Tiongkok yang datang ke Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan), dan kembali ke negaranya harus sama," katanya.

Maskapai penerbangan yang melayani rute Tiongkok - Tanjungpinang yakni Nam Airlines dan Citilink. Nam Airlines akan melakukan 50 kali penerbangan, sedangkan Citilink 12 kali penerbangan.

"Jadi ada 62 kali penerbangan selama sekutar sebulan, kemudian akan diajukan ijin kembali," kata Buralimar. (asikk1/TR)