Menuju Garut Sehat, Bupati Deklarasikan ODF

:


Oleh MC Kab Garut, Rabu, 31 Januari 2018 | 09:22 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 712


Garut, InfoPublik - Kabupaten Garut secara terus menerus melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan Garut yang sehat, dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang salah satu indikatornya jangan membuang air besar sembarangan.

Hal ini diwujudkan dalam deklarasi Open Defecation Free (ODF).Selasa (30/01) Bupati Garut H. Rudy Gunawan mencanangkan dua desa di Kecamatan Cikelet sebagai desa Stop Buang Air Sembarangan (SBS)/Open Defecation Free (ODF) yakni Desa Awasnagara dan Desa Karangsari Kecamatan Cikelet, Setelah sehari sebelumnya Senin (29/01).

Bupati Garut menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Samarang. Total desa di Kabupaten Garut yang telah mencanangkan ODF menjadi 180 desa.

Hadir mendampingi Bupati Garut, Kepala Dinas Kesehatan dr.Teni Swara Rifai, Camat Cikelet Iwan Trisnadiwan, jajaran Dinas Kesehatan, para Kepala Desa se-Kecamatan Cikelet, UPT Puskesmas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan merubah prilaku masyarakat membuang air besar sembarangan bukan hanya tugas pemimpin semata, tetapi kita semua harus ikut terlibat dan saling bekerja sama dalam mewujudkan pola hidup sehat.

Lebih lanjut, ia mengatakan deklarasi ODF di dua desa ini, menjadikan secara total di Kabupaten Garut telah mencanangkan desa ODF sebanyak 180 dari 421 desa yang ada di Kabupaten Garut, dan diharapkan tahun ini akan semakin bertambah lagi desa di Kabupaten Garut yang bebas dari buang air besar sembarangan.

Rudy juga menjelaskan, saat ini, Pemerintah Kabupaten Garut telah menganggarkan dana bantuan dalam bentuk Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

“Program PAMSIMAS tersebut nantinya diperuntukan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengadaan air bersih dan pengadaan jamban umum bagi masyarakat sekitar 14 Milyar,” terangnya.

Sementara itu Camat Cikelet, Iwan Trisnadiwan, menyatakan, untuk di Kecamatan Cikelet, baru empat desa yang telah mencanangkan sebagai desa ODF dari 11 Desa yang ada di kecamatan Cikelet.

“Kami terus bekerjasama dengan Puskesmas dan para kepala desa, dan akan berupaya untuk mendorong dan memacu masyarakat untuk memberikan pemahaman yang baik untuk prilaku hidup sehat, sehingga apabila masyarakat sudah memahami, tidak akan merasa kesulitan untuk segera mencanangkan program ODF ini untuk menuju desa yang bersih dan sehat,” ujarnya.(MC.Garut/Eyv)