Kunjungi Madivif 2 / Kostrad, Panglima Tekankan TNI Netral Saat Pilkada

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 31 Januari 2018 | 08:30 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 223


Surabaya InfoPublik – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hari ini, Selasa (30/1) melakukan kunjungan kerja di Markas Divisi Infantri (Madivif) 2 / Kostrad di Malang. Melalui kunjungan itu, Mareskal Hadi menekankan pada ribuan prajurit TNI yang hadiri untuk bisa tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada serentak 2018. 

“Tahun 2018 ini memiliki tantangan tersendiri bagi TNI yang dimanifestasikan dalam bentuk Pilkada serentak. Pilkada digelar di 171 wilayah yang terdiri dari  17 provinsi,  39 kota, 115 kabupaten di seluruh Indonesia. Dilanjutkan kegiatan tahapan pemilu 2019,” kata Marsekal Hadi. 

Kegiatan politik tersebut kata dia, tentunya akan diwarnai dengan berbagai aksi. “Tentunya tahapan kampanye akan ada pengerahan massa. Maka bukan tidak mungkin ancaman siber akan muncul ke permukaan dalam bentuk hoaks dan kampanye hitam, serta aksi mobilisasi massa,” jelas Panglima TNI. 

Ia menekankan, tugas TNI dalam Pilkada maupun tahapan pemilu 2019 adalah menjamin kelancaran dan keamanannya. “Perlu diingat keterlibatan TNI adalah dalam konteks perbantuan oleh karenanya utamakan koordinasi dan sinkronisasi dengan instansi terkait lainnya,” ungkapnya. 

Tak kalah pentingnya, adalah netralitas TNI merupakan harga mati. “TNI sebagai prajurit profesional tidak berpolitik praktis dan politik TNI adalah politik negara,” tegas mantan KASAU tersebut. 

Dalam kunjungan di Malang, Panglima TNI memerintahkan kepada para Perwira agar mampu mengendalikan anggotanya untuk tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji atau menyakiti hati rakyat. Hal yang dimaksudkannya, diantaranya seperti penyalahgunaan narkoba, asusila, tindak kekerasan terhadap masyarakat, dan backing yang merusak citra positif TNI di masyarakat. 

Hadir mendampingi Panglima TNI, yakni KASAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Agus Suhardi, Pangarmatim Lasda TNI Didik Setiyono dan Danlantamal V Lksma TNI Edi Sucipto. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)