Apel Siaga PMI Tingkatkan Kekuatan Sukarelawan

:


Oleh MC Prov. Sulteng, Rabu, 31 Januari 2018 | 08:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 637


Palu, InfoPublik - Palang Merah Indonesia (PMI) adalah organisasi perhimpunan nasional yang disyahkan oleh pemerintah melalui keputusan Presiden,  untuk menjalankan tugas kepalangmerahan di Indonesia dan sebagai perhimpunan nasional, PMI menjalankan tugas kenetralan dan tidak memihak berdasarkan prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah international yaitu, kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

Karena itu, sebagai organisasi yang memiliki satu tujuan yaitu membantu dan membantu dan memberikan pertolongan kepada sesama yang mengalami musibah atau bencana, kiranya PMI Sulawesi Tengah terus berupaya memaksimalkan kinerjanya dan meningkatkan mutu sumber daya manusianya dibidang pelayanan kepalangmerahan khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Hidayat Lamakarate, M.Si yang juga Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah pada kegiatan apel siaga dan bhakti sosial dalam rangka memperingati Hari Sukarelawan PMI, bertempat di Halaman TVRI Sulawesi Tengah, Minggu (28/1).

“Melallui kegiatan apel siaga dan bakti sosial dalam rangka memperingati hari sukarelawan PMI yang kita laksanakan pada hari ini, saya mengajak kepada kita sekalian marilah bersama-sama kita tingkatkan kekuatan sukarelawan PMI agar memiliki karakter sesuai prinsip dasar gerakan international palang merah dan bulan sabit international, dalam rangka menciptakan visi PMI agar semakin profesional, barkarakter dan mandiri serta dicintai masyarakat,” jelas Hidayat Lamakarate

Lebih lanjut dirinya menekankan, kesukarelawan merupakan nilai universaj yang telah ada sejak awal terbentuknya kebudayaan manusia, suatu nilai kemanusiaan yang sederhana, menolong orang atau sesama dengan semangat kesukarelaan. Untuk itu, bagi mereka yang terlibat dalam kepengurusan PMI untuk siap berkorban, mengabdi dan berbagi.

Kegiatan apel siaga dan bhakti sosial dalam rangka memperingati hari sukarelawan PMI mengangkat tema”Kekuatan kemanusiaan wujudkan sukarelawan yang berkarakter dan profesional atau Siamo Tutti Fratelli Torang Semua Bersaudara diikuti perwakilan pelajar/siswa SD,SMP,SMA/SMK se-Kota Palu diawali penampilaln Tari Mokambu dan penyampaian 7 prinsip dasar PMI.

Usai apel siaga dilanjutkan dengan penyerahan tong sampah kepada Lurah Besusu Barat, pelepasan pesepeda keliling Indonesia, Darlin dari kota Lampung, bhakti sosial dan donor darah serta penampilan peserta liga dangdut yang lolos audisi.(MC.Prov.Sulteng/Eyv)