Mobil Yankel Disdukcapil Sijunjung Keliling Beri Kemudahan

:


Oleh Dinas Kominfo Sijunjung, Rabu, 31 Januari 2018 | 05:56 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 378


Sijunjung, Infopublik - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sijunjung senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang lebih memudahkan bagi masyarakat, antara lain melalui kegiatan Mobil Pelayanan Keliling yang dilaksanakan pada Jorong Pasar Nagari Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru, Senin (29/1) Malam.

Saat ini pengetahuan masyarakat terhadap jenis layanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, bukan hanya KTP elektronik, tetapi meliputi Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan sebagainya, sehingga dalam prosesnya Mobil Pelayanan Keliling mencakup semua layanan yang menjadi tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Cakupan pelayanan yang diberikan berupa memperbaiki KK, Akte Kelahiran, serta semua dokumen yang ingin diperbaiki. Selain sebagai upaya untuk menuntaskan program nasional,  yang lebih penting dari mobil pelayanan keliling tersebut adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan, menghemat waktu untuk memperbaiki KK ataupun surat yang diperbaiki dengan cepat.

Agar masyarakat mengetahui bahwa dengan Mobil Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga memberikan informasi melalui pengumuman di masjid serta surat ke nagari-nagari yang ingin didatangi. Malam tadi adalah minggu ke empat dilakukan perbaikan dokumen, kurang lebih  sudah 200 orang yang melakukan pelayanan perbaikan.

Meskipun indikator dari kepuasan masyarakat sangat absurb bahkan sulit diukur dengan pasti, namun setidaknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berupaya memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan, terutama dari aspek waktu, jarak tempuh dan biaya transportasi atau akomodasi pribadi penduduk dari tempat tinggalnya ke dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Melalui upaya-upaya nyata yang dilakukan diharapkan kualitas yang diberikan dapat berdampak pada kepuasan masyarakat.

Tati Yusnita selaku PPTK pelayanan dokumen kependuduan juga menegaskan apabila dilakukan mobil pelayanan keliling ke nagari, nagari tersebut harus terjangkau oleh jaringan karena hasil yang sudah diperbaiki dapat diihat melalui akses internet serta mencetak hasil yang sudah selesai diperbaiki. (dwita/dicko@sijunjung.go.id)