Hadapi Pilkada 2018, Polres Rohul Gelar Simulasi Penanganan Bentrok

:


Oleh Prov. Riau, Selasa, 30 Januari 2018 | 17:39 WIB - Redaktur: Elvira - 358


Rokan Hulu, InfoPublik – Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hulu menggelar simulasi penanganan bentrok massa di halaman Kantor Kabupaten, Selasa (39/1), sebagai salah satu upaya mengasah kesigapan menghadapi “panas”nya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Kapolres Rohul AKBP Yusuf Rahmanto menjelaskan, operasi yang dinamai Mantap Praja Muara Takus 2018 ini melibatkan 344 personil.  kegiatan simulasi ini,  dalam rangka latihan pra operasi, untuk menyiapkan kesiapan  SDM dan personil,  meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota, mulai sejak tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, sampai aksi masa yang tidak terima hasil pilkada.

“Ini adalah persaipan kedalam,  untuk keluar kita juga sudah bentuk satgas-satgas, mulai satgas yang bersifat preventiv defentif dan represif kita sudah siapkan untuk mengamankan pilkada serentak di Rohul” kata Kapolres Rohul.

Kapolres Menambahkan, melalui latihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan serta  penyamaaan persepsi anggota tentang cara tindak dilapangan, sehingga diharapkan semua personil benar benar memahami tupoksi masing-masing.

“Kepada anggota saya menghimbau jaga netralitas serta laksanakan tugas sebaik-baiknya” imbau Yusuf.  

Sementara itu, Wakil Bupati Rohul, Sukiman memberikan apresiasi kepada Polres Rohul yang dengan sungguh-sungguh telah mempersiapkan pengamanan Pilgubri di Rohul. Dengan simulasi, katanya, pelakanaan pilgubri di rohul diyakininya akan berlangsung aman, nyaman dan kondusif.

“Kita lihat bersama bagaiamana kesipan anggota polres Rohul. Saya lihat mereka sangat siap dan siap tempur menghadapi apapun kemungkinan yang tidak di inginkan," ucap Wabup Sukiman.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kondusiftitas serta tidak mengembangkan isu sara yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan. Dia juga mengingatkan kepada media untuk ikut berperan dalam membangun semangat kebersamaan.

“Kita haus saling menghargai, kita ini adalah negara demokrasi, kita diberi kebabasan untuk memilih, jadi jangan ada timbul isu yang mengancam persatuan dan kesatuan kita, tapi saya yakin, insya allah Rohul aman dari hal-hal seperti itu," tegas Wabup Sukiman.(MC Riau/sal/Vira)