Walikota Pematangsiantar Optimis Raih Adipura Tahun 2018

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Senin, 29 Januari 2018 | 13:43 WIB - Redaktur: Kusnadi - 683


Pematangsiantar, InfoPublik – Pemerintah kota Pematangsiantar optimis raih Adipura pada tahun 2018, keseriusan tersebut ditandai Walikota Hefriansyah, SE, MM dengan melakukan koordinasi dan konsultasi ke Ditjen PSBL3 Kementrian Lingkungan Hidup Jalan DI Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas DKI Jakarta, pada hari Rabu (24/1) pekan lalu.

Pada saat koordinasi dan konsultasi dengan R. Sudirman selaku Direktur Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup, Walikota didampingi kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pematangsiantar Drs. Jekson Gultom memaparkan capaian kinerja dan pelaksanaan program Adipura.

Menurut Jekson, Adipura, sebenarnya bukan hal baru lagi bagi Kota Pematangsiantar karena sebelumnya juga sudah beberapa kali menerima penghargaan serupa sejak program Adipura dicanangkan tahun 1986 lalu. Setelah tahun 2008 dan 2013 mendapatkan Anugerah Adipura, pada tahun 2015, Kota Pematangsiantar juga berhasil meraih Sertifikat Adipura, dan pada tahun 2016 kembali berhasil meraih Anugerah Adipura.

Pada tahun 2015, SMP Negeri 10 Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri, penyerahannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada 5 Juni 2015 kepada Kepala SMP Negeri 10 Rosmayana Marpaung S.Pd.

“Untuk tahun 2016, Pematangsiantar juga berhasil meraih anugerah Adiwiyata Mandiri yang diterima Kepala SMA Negeri 6, M. Akyar, MPd, bersamaan dengan penyerahan Anugerah Adipura di Kabupaten Siak pada bulan Juli 2016 lalu yang diikuti seluruh camat dan instansi terkait,” katanya.

Walikota mengingatkan agar seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar semakin menyadari dan memiliki rasa tanggungjawab terhadap kebersihan, pengelolaan sampah maupun penataan lingkungan hidup. Karena bagaimana pun, pengelolaan kebersihan dan lingkungan tidak mungkin bisa berhasil tanpa keterlibatan masyarakat.

Kita semua untuk semakin terpacu dalam menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar kita masing-masing, agar Adipura tahun 2018 ini dapat diraih menuju kota Pematangsiantar yang lebih mantap, maju dan jaya,” katanya. (Humas Pemko Pematangsiantar/Kus)