Wakil Walikota Batam Mengaku Sinergi antar-OPD Membaik

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 29 Januari 2018 | 13:09 WIB - Redaktur: Kusnadi - 222


Batam, InfoPublik – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengklaim sinergi antar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus membaik. Tak ada lagi program yang tumpang tindih.

“Seperti, tidak ada lagi halte dibangun pada ruas jalan yang akan diperlebar, yakinlah itu,” klaim Amsakar, kemarin.

Menurut Amsakar, ia bersama Wali Kota Batam Muhamamad Rudi terus melakukan upaya peningkatan sinergitas antar dinas, badan maupun juga kesekretariatan daerah. “Semua punya peran dalam hal ini,” ucapnya.

Bahkan, ia sampaikan dirinya kerap mengingatkan para assisten untuk memaskimalkan peran koordinasi agar antar OPD kerap terkoneksi dengan baik. “Assisten itu dimkasudkan untuk menselaraskan program, setelah digodok di tingkat mereka baru diteruskan ke Bapelitbangda,” katanya.

Sebelumnya, pekerjaan mensinergikan peran masing -masing diakui Wali Kota Batam Muhammad Rudi belum lama ini bukan pekerjaan mudah, namun bukan berarti tak bisa direalisasikan. Menurut Rudi, hal ini sangat bergantung peran Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sendiri.

“Ini (sinergi) yang mau kami terus upayakan. Memang sulit, tapi ini kami akan terus lakukan, perbaikan akan tetap ada,” kata Rudi, yakin.

Bahkan ia sampaikan, apalagi BAtam sedang dalam proses Free Trade Zone (FTZ) ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), perann OPD berikut ASN yang merupakan sumber daya manusia di Pemko Batam dituntut untuk lebih handal menyelenggarakan pemerintahan dan melayani masyarakat.

“Jika KEK diberlakukan, satu sisi akan jelas kewenangan Pemko Batam dan BP Batam. Sisi lain, SDM di Pemko harus sipa karean tugas akan lebih banyak,” ucap Rudi. (BP/Kus)