Pelaksanaan Riskesdas 2018 Terintegrasi Dengan Susenas

:


Oleh Tri Antoro, Senin, 29 Januari 2018 | 10:28 WIB - Redaktur: Juli - 3K


Bekasi, InfoPublik - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek apresiasi pelaksanaan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang akan terintegrasi dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Saya sungguh berbahagia dan bangga, bahwa Riskesdas 2018 Kemenkes akan dilaksanakan terintegrasi dengan Susenas bersama BPS," ujar Menkes Nila F Moeloek ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) tingkat pusat dalam rangka persiapan pelaksanaan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 di Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/1).

Menkes mengakui, bangga karena pelaksanaan Riskesdas 2018 berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Hal ini momentum yang sangat penting sebagai upaya mendukung kebijakan “one data” dari Presiden Jokowi.

Melalui kegiatan ini, diharapkan analisis hasil dapat dilakukan lebih komprehensif dan dapat mengungkap faktor-faktor di luar kesehatan yang berpengaruh terhadap kesuksesan pembangunan kesehatan. "Harapannya terjadi koordinasi yang baik dalam pelaksanaan Riskesdas dengan melibatkan peran aktif pemangku kepentingan," katanya.

Diketahui, Riskesdas adalah riset skala nasional yang berbasis komunitas dan telah dilaksanakan secara berkala oleh Badan Litbangkes Kemenkes RI, yang hasilnya telah banyak dimanfaatkan baik itu untuk tujuan perencanaan, maupun pemantauan dan evaluasi program pembangunan kesehatan baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota.