Kalahkan Sakai, Anthony Ginting Juara Indonesia Masters 2018

:


Oleh Astra Desita, Minggu, 28 Januari 2018 | 14:31 WIB - Redaktur: Juli - 349


Jakarta, InfoPublik - Anthony Sinisuka Ginting berhasil mempersembahkan gelar pertama bagi Indonesia. Anthony tampil sebagai juara usai menang mudah atas pebulutangkis Jepang.

Pada laga final di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1) siang, Anthony menghempaskan Kazumasa Sakai dua set langsung dengan skor 21-13, 21-12 hanya dalam waktu 34 menit. Hasil ini memperbaiki rekor Anthony atas Sakai menjadi 2-0. Kemenangan dua set didapatkan Anthony atas lawannya itu saat berjumpa di Hong Kong terbuka 2015.

Sementara itu, Indonesia masih bisa menambah tiga gelar lainnya. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sama-sama masuk final, dan akan tampil secara berurutan. Permainan cepat diperagakan Anthony dan Sakai sehingga kejar-kejaran angka pun terjadi di gim pertama.

Anthony berhasil mengungguli Sakai saat interval dalam kedudukan 11-9, setelah melakukan netting sempurna. Sakai beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, yang menguntungkan Anthony.

Selisih lima poin dimiliki Anthony usai pukulan pengembalian Sakai membentur net, 15-10. Sakai menghentikan rentetan angka yang raih Anthony, skor kini menipis menjadi 17-15 masih untuk keunggulan pebulutangkis tuan rumah. Di poin-poin kritis, Anthony mempertahankan ketenangannya untuk merebut dua angka beruntun guna merebut gim pertama 21-16.

Laju Anthony tetap mulus di gim kedua. Sejak awal berhasil unggul, Anthony melakukan smes silang keras untuk memasuki interval dengan keunggulan 11-7. Anthony semakin jauh meninggalkan Sakai dengan selisih tujuh poin 16-9. Dua kesalahan Anthony membuat Sakai bisa menambah angka sehingga kedudukan menjadi 11-18.

Backhand Sakai membentur net, Anthony mendapatkan match point. Dia lantas menuntaskan pertandingan dengan sebuah pukulan pendek di depan net untuk memenangi laga dengan skor 21-12. Tampak hadir menyaksikan final Indonesia Masters 2018, Wapres Jusuf Kalla, Ketum PBSI, Wiranto, Menpora Imam Nahrawi, Mendikbud Muhadjir Effendi.