Poktan Permata Hijau Panen Perdana Padi Inbrida

:


Oleh MC Kota Singkawang, Jumat, 26 Januari 2018 | 09:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 552


Singkawang,InfoPublik. Wali kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama Kapolres Singkawang, Dandim 1202 Singkawang, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan beserta Kelompok Tani Permata Hijau melakukan panen perdana padi Inbrida di Hamparan Poktan Permata Hijau Kelurahan Sungai Garam, Kamis (25/1).

Hasil panen Varietas Impari 32 Poktan Permata Hijau Kelurahan Sungai Garam menghasilkan ubinan sebanyak 6.32 ton / hektar.

Kadis Pertanian,Ketahanan Pangan dan Perikanan, Yusnita mengatakan apapun hasil dari panen hendaknya dilaporkan kepada Dinas.

"Tolong bapak dan ibu petani agar menyampaikan hasil panen kepada kami. Agar nantinya kita bisa mengukur atau membandingkan, apakah ada peningkatan atau berkurang hasil panen dari sebelumnya", kata Yusnita.

"Kalau memang ada masalah mengenai hasil panen, apakah itu karena ada serangan hama tikus atau lainnya itu segera disampaikan juga kepada kami", ujarnya.

Pada kesempatan itu, walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap apa yang disampaikan Kepala Dinas dapat menjadi perhatian bagi petani.

"Saya harap petani fokus dengan pertanian, bila perlu buat catatan kecil hasil panen setiap tahunnya. Misalnya Tahun ini satu hektare menghasilkan berapa ton, itu yg nanti dilaporkan ke Dinas”, harapnya.

"kita juga mempunyai rencana, kalau hasil panen bagus, kita akan bekerjasama dengan marketing minimarket yang ada di Kota Singkawang untuk memasarkan hasil pertanian petani Singkawang, bila perlu diwajikan seluruh SKPD untuk membeli beras dari hasil petani Singkawang" tegasnya

Tjhai Chui Mie juga meminta kepada Penyuluh dan Dinas teknis untuk terus aktif mendampingi petani. " Saya minta penyuluh dan Dinas untuk terus aktif memantau dan mendampingi para petani, sehingga kedepan hasil panen dapat meningkat. Dan kepada petani saya berharap dapat bekerjasama untuk mewujudkan Singkawang Hebat di Bidang Pertanian." Katanya.

Diakhir kegiatan diadakan dialog antara Walikota Singkawang, Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kapolres Singkawang, Dandim 1202 Singkawang, Kepala BPS serta undangan lain dengan Petani Kelompok Tani Permata Hijau untuk menyampaikan berbagai perkembangan terkait dengan hasil panen. (MC. Singkawang/Vhutra)