TNI Kirim 250 Personel Kesehatan Ke Asmat

:


Oleh Yudi Rahmat, Jumat, 26 Januari 2018 | 04:50 WIB - Redaktur: Juli - 508


Jakarta, InfoPublik - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberangkatkan 250 personel Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI untuk memberikan pelayanan dan pengobatan kepada warga Kabupaten Asmat, Papua, yang terkena wabah penyakit campak dan gizi buruk.

"Pengiriman personel dilakukan secara upacara militer di di Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (25/1). Pengiriman Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI ke Papua ini sesuai dengan Konstitusi TNI yaitu melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Hadi.

Selain itu, pembentukan Satgas Kesehatan TNI ke Papua merupakan perintah Presiden RI Ir. Joko Widodo pada saat memberikan pembekalan kepada peserta Rapim TNI-Polri, tanggal 23 Januari 2018 di Mabes TNI.

“Menindak lanjuti perintah Presiden RI, Saya selaku Panglima TNI segera membentuk Satgas Kesehatan TNI, dan pada hari ini diberangkatkan ke Timika, selanjutnya ke Kabupaten Asmat,” ujarnya.

Panglima TNI menjelaskan bahwa pada saat wabah penyakit campak dan gizi buruk terjadi di wilayah Asmat Papua, pada 15 Januari 2018 sebanyak 10 personel tim pendahulu dari Kesdam XVII/Cendrawasih sudah memberikan pengobatan secara terbatas. Selanjutnya, Mabes TNI mengirimkan 53 personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI, terdiri dari dokter spesialis dan paramedis untuk mempercepat penanganan wabah penyakit campak dan gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua.

"Prajurit TNI sebagai bagian dari komponen bangsa dan sebagai tentara rakyat memiliki kewajiban moral dan tanggung jawab profesional,untuk dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di Asmat, Papua,” ujarnya.

Selain itu, Satgas  Kesehatan TNI tahun 2018 rencananya akan melaksanakan tugas selama 270 hari, dalam rangka memberikan pelayanan bantuan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat.

“Saya berkeyakinan bahwa sekecil apapun tugas yang diberikan kepada TNI, akan dapat dilaksanakan dengan tuntas,” pungkasnya.