Persagi dan Dinkes Gelar Konseling Giji Ibu Hamil

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Kamis, 25 Januari 2018 | 17:17 WIB - Redaktur: Elvira - 897


Pematangsiantar, InfoPublik – Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar Sumatera Utara bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) melakukan konseling gizi bagi ibu hamil serta pelayanan Jaminan Persalinan (Jampersal) kepada masyarakat yang tidak mampu dan tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan, di Puskesmas Kartini, jalan Dahlia, Kamis (25/0).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar, Ronald Hasintongan Saragih mengatakan konseling ini juga memberikan edukasi untuk menyelamatkan 1000 hari pertama kehidupan yang bertujuan untuk mencegah balita stunting (kelainan tubuh pendek).

“Prevalensi kekurangan gizi khusunya stunting dan kekurangan gizi mikro lainnya masih sangat tinggi. Faktor kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan, pengetahuan pola asuh dan ekonomi merupakan faktor utama penyebab stunting dan masalah gizi lainnya, katanya, Kamis (25/1) di Pematangsiantar.

Kegiatan ini ditambahkan Ronald sesuai dengan program Kementerian Kesehatan dan DPP Persagi dalam rangka hari gizi nasional ke 58 tahun 2018. 

Sebagai konsultan penyuluhan adalah seluruh ahli gizi yang bertugas di Puskesmas yang ada di Kota Pematangsiantar dan RSUD Dr, Djasamen Saragih. Kegiatan konseling dilaksanakan di lima Puskesmas yaitu Puskesmas Kartini, Puskermas Kesatria, Puskesmas Karo, Puskesmas Parsoburan dan Puskesmas Tomuan.

Dalam kesempatan itu, Ronald mengingatkan bagi masyarakt yang tidak mampu, dan belum mempunyai kartu jaminan kesehatan, agar segera mendaftarkan diri untuk memperoleh Jampersal di Puskesmas terdekat dan tidak di kenakan biaya. (Humas/C1).