Sosialisasi Program Bansos Rastra

:


Oleh MC Kota Singkawang, Kamis, 25 Januari 2018 | 11:13 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 844


Singkawang - Infopublik. Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kota Singkawang, mewakili Walikota Singkawang membuka Sosialisasi Rastra di Aula Kantor Camat Singkawang Barat, Kamis (25/1).

Hadir pada acara itu Forkopimda Kota Singkawang, Staf Ahli Walikota Bidang SDM, Kepala Divisi Regional Bulog Kalbar, Kepala Perum Bulog Singkawang, Kepala SKPD, Kabag Kesra, Camat Singkawang Barat, Lurah se Kecamatan Singkawang Barat dan Perwakilan RT dan Warga Kecamatan Singkawang Barat.

Kabag Kesra, Apriyanto selaku Ketua Panitia mengatakan Sosialisasi ini merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Kota Singkawang untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat tidak mampu dan rentan melalui pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional Bulog Kalbar Sabarudin Amrullah mengatakan Program Rastra Tahun 2017, Kalimantan Barat menempati urutan ke 4 terbaik se Indonesia. "Capaian ini merupakan hasil dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara Tim Rastra Provinsi, Kabupaten/Kota, Kelurahan dan RT." Katanya. 

"Kami sampaikan terima kasih atas kerjasamanya selama ini dan kami mohon doa dan dukungan agar Perum Bulog dapat menjalankan tugas dengan baik dalam menyalurkan beras dan menyerap produksi petani". Harapnya

Asisten Perekonomian,Pembangunan dan Kesra, Bujang Sukrie membacakan sambutan tertulis Walikota, mengatakan Program bantuan sosial Rastra bertujuan mengurangi pengeluaran Keluaraga Penerima Manfaat (KPM) melalui pemberian bansos berupa beras dengan jumlah 10 kg setiap bulannya tanpa dikenakan biaya tebus. Ada beberapa perbedaan Program Bansos Rastra Tahun 2018 ini.

"Tahun ini jumlah kuantum sebanyak 10 kg/KK/bulan dan tidak ditebus biaya. Bulog akan mendistribusikan sampai ke titik distibusi dan Tim Kecamatan dan Kelurahan sampai ke titik bagi. Selanjutnya dalam bentuk Bansos Rastra mulai Bulan Januari-Juli 2018 dan mulai Bulan Agustus-Desember 2018 menggunakan Kartu Non Tunai. Sedangkan jumlah KPM Tahun 2018 sebanyak 7.061 KPM/10 Kg dengan total 70.610 Kg/Bulan" ujarnya.

Bujang Syukrie berharap kepada penerima Bansos Rastra untuk dapat memanfaatkannya dengan sebaik baiknya agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

Narasumber Sosialisasi Bansos Rastra berasal dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang dan Perum Bulog Sub Drive Kota Singkawang. (MC. Singkawang/Vhutra/Eyv)