Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin Diserahkan Ke DKI

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 24 Januari 2018 | 19:06 WIB - Redaktur: Juli - 391


Jakarta, InfoPublik – Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta oleh yayasannya, dengan ditandai penandatanganan berita acara serah terima yang dilakukan dari pihak yayasan kepada Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI, Rabu (24/1).

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat  DKI Jakarta Catur Laswanto mengatakan, serah terima tersebut merupakan wujud dari kepedulian DKI terhadap tempat yang sangat bersejarah bagi dunia sastra Indonesia.

“Kami sepakat nilai-nilai sastra yang ada di HB Jassin sangat ternilai dan luar biasa. Kami sudah melakukan pembicaraan untuk menjaga kelestariannya, sehingga ke depan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin dan yayasannya dapat lebih meningkat lagi,” kata Catur usai acara penandatanganan berita acara tersebut.

Ia berharap, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin bisa menjadi pusat dokumentasi sastra tingkat regional hingga dunia. Adanya penandatanganan berita acara tersebut juga membuat seluruh koleksi di Pusat Dokumentasi tersebut beralih ke Pemprov DKI Jakarta, termasuk sumber daya manusua (SDM)-nya.

“Penyerahan yang dilakukan ini tidak berarti pusat dokumentasi tersebut sepenuhnya menyerahkan kepada DKI, tapi kami sepakat yayasan dan DKI akan bersama-sama berkoordinasi, kerja sama dan sinergi dalam rangka lebih mengembangkannya lagi,” paparnya.

Sementara itu, Perwakilan Pengurus Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Abrory Djabbar menambahkan, penyerahan tersebut dilakukan karena Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkmitmen untuk mengembangkannya dalam taraf yang jauh lebih besar lagi.

“Ini adalah aset tak ternilai. Kami, pengurus yayasan tetap dilibatkan untuk membantu mengawasi, mengarahkan, dan mengembangkan aset-aset ini ke depan yang akan disiapkan dengan mekanisme hukum tertentu,” ungkapnya.