Command Center Dukung Pusat Informasi Maritim

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 23 Januari 2018 | 13:12 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik -  Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo mengatakan Kesiapan perangkat Command Center terutama dalam bentuk visual dan suara di kantor Badan Keamanan Laut (Bakamla) menjadi penting untuk mendukung Pusat Informasi Maritim (PIM).

"Kemampuan video conference yang menjadi bagian penting dalam pelaksanaan fungsi command center dapat berjalan stabil, dengan suara dan tampilan yang jernih tanpa noise," katanya di Jakarta, Selasa(13/1).

Kepala PIM Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko mengatakan dalam pengembangan tugas dan fungsi PIM nantinya sebagai Pusdalops Bakamla (Command Center), Monitoring Keamanan dan Keselamatan Laut/Kamkesla (Monitoring Safety and Security), dan Information Sharing (Fusion Center).

Melalui perangkat video conference ini, lanjutnya, dapat dilakukan pertemuan kerja antara kantor pusat dengan kantor zona, stasiun pemantauan keamanan keselamatan laut yang tersebar di berbagai daerah, maupun dermaga/pangkalan kamla dan kapal-kapal patroli, sehingga pimpinan di kantor pusat dapat memberikan komando langsung ke berbagai wilayah di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan Bakamla Integrated Information System (BIIS) memungkinkan Bakamla RI memiliki wadah yang memfasilitasi secara terintegrasi fungsi berbagi informasi, monitoring kamkesla dan Command Control Communication sehingga dapat digunakan oleh Bakamla RI dan mitra maritimnya dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan laut Indonesia.