Boalemo, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Boalemo bersama Komisi satu DPRD Kabupaten Boalemo melakukan kunjungan studi banding ke Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (22/1).

Studi banding ini untuk melihat dari dekat pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kecamatan tersebut.

Camat Lolak DR. D. Wongkar, SE, M.Si mengatakan, BUMDes di Kecamatan Lolak sudah berjalan kurang lebih satu tahun dengan modal awal 75 juta rupiah.

“Dana awal BUMDes di kecamatan kami sebesar 75 juta rupiah dan selang waktu satu tahun ini sudah mendapatkan tambahan dana sekitar 20 puluh jutaan rupiah dari hasil BUMDes itu sendiri,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya BUMDes ini bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat secara mandiri.

Sebelumnya, rombongan studi banding Kabupaten Boalemo diterima langsung di kantor camat lolak dan selanjutnya melakukan peninjauan ke lokasi pembuatan batako yang dikelola oleh kelompok BUMDes di desa motabang Kecamatan Lolak.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Kariawan Eka Putra Noho menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kecamatan lolak yang sudah menerima dan menyambut baik tim studi banding kabupaten boalemo.

“Kami sangat berterima kasih kepada ibu camat dan seluruh jajarannya karena telah menerima kami berkunjung kesini. Kunjungan ini selain bersilaturrahim, kami juga ingin melihat langsung pengelolaan BUMDes di kecamatan lolak,” katanya. (MC Boalemo/H. Lapasau/Kus)