Monitoring Tanaman Jagung, Waspadai Penyebaran Hama

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 23 Januari 2018 | 01:12 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 3K


Sumenep, Infopublik - Monitoring tanaman milik petani oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman, serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung khususnya.

Seperti yang dilakukan di wilayah Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

Babinsa Ramil 0827/05 Lenteng, Kopka Sutikno kepada Wartawan, Senin (22/1) mengungkapkan, kegiatan monitoring memang harus terus dilakukan untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan, termasuk swasembada jagung.

“Kami sengaja selalu melakukan pengecekan terhadap keadaan tanaman jagung, seperti yang kami lakukan terhadap tanaman jagung milik salah satu warga binaan, Minggu kemarin,” ungkapnya.

Dikatakan, di dalam pengecekan tanaman jagung dilakukan untuk melihat hama utama yang berbahaya, pengganggu dan sangat merusak tanaman jagung, seperti walang sangit. Karena binatang ini menyerang tanaman jagung dengan cara menghisap cairan pada bunga jagung, serta bulir jagung.

“Walang sangit ini berbahaya, karena menghisap bunga serta bulir jagung pada fase pengisian bulir dan pemasakan bulir, sehingga pengisian bulir jagung tidak sempurna, bahkan seringkali menyebabkan bulir jagung hampa,” jelasnya.

Dikatakan Kopka Sutikno, jika walang sangit dianggap hama penting yang paling berbahaya, karena dapat mengakibatkan menurunnya produksi jagung, sekaligus menurunkan kualitasnya, sehingga petani harus betul-betul menjaga tanamannya dari binatang ini.

Disamping itu pihaknya juga menegaskan, jika perawatan khusus terhadap tanaman jagung perlu dilakukan, agar jagung bisa tumbuh optimal walaupun kondisinya sudah cukup subur dan yang perlu diwaspadai tentang pengendalian gulma, yaitu rumput liar pengganggu yang tumbuh di kanan kiri tanaman jagung.

“Dengan upaya ini kami berharap dapat mendukung program swasembada pangan pada tahun 2018, di Kabupaten Sumenep khususnya di wilayah Koramil 05/Lenteng,” pungkasnya. (Ren/Esha/Fer)