Pemda Parimo Gandeng IPB Untuk Kemajuan Pertanian

:


Oleh MC Kabupaten Parigi Moutong, Selasa, 23 Januari 2018 | 08:25 WIB - Redaktur: Kusnadi - 728


Parigi Moutong, InfoPublik – Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu berharap, adanya kerjasama Pemkab Parigi Moutong dan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Parigi Moutong akan memajukan bidang pertanian daerah itu.

"Kalau kita tidak menggadeng yang ahli dalam pertanian, peternakan dan perikanan daerah ini akan ketinggalan. jadi daerah ini harus didampingi yang ahli dalam bidangnya agar daerah kita lebih maju," ujar Bupati dalam sambutannya pada acara Workshop,  di Aula Dinas Perpustakaan (21/1).

Acara pembukaan itu dihadiri  LPPM IPB sebagai narasumber, kepala OPD dan sejumlah Camat. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yaitu tanggal  21 sampai  22 Januari 2018.

Bupati mengatakan, workshop ini bertujuan untuk kerjasama lebih luas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dengan IPB.

"Setelah workshop ini, kita akan menerima IPB yang akan mengadakan kegiatan-kegiatan bersifat bantuan terhadap pengembangan pertanian," ungkap Samsurizal

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan,Pemkab Parigi Moutong memberi peluang kepada pelajar Parigi Moutong untuk melanjutkan pendidikan di IPB.

"Tentunya dengan memenuhi persyaratan yang diberikan IPB, yang akan dibiayai oleh lembaga dari IPB dan pemerintah Daerah Parigi Moutong," katanya.

Sementara Kepala Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pembangunan Wilayah P4W-LPPM-IPB Dr. Ir. Ernan Rustadi, M. Agr mengataka IPB merasa terhormat dan bangga dapat bekerja sama dengan Kabupaten Parigi Moutong Karena IPB punya tanggug jawab memajukan daerah-daerah yang ada di Indonesia, termasuk Parigi Moutong.

“Kami dari IPB akan bekerjasama dan menindaklanjuti kesepakatan yang telah kita tadatangani bersama dalam langkah-langkah berikutnya ke depan dengan mengirim tenaga-tenaga ahli yang lain serta kami dari IPB juga sudah berbicara dengan Bupati,akan mengirim mahasiswa dari IPB ke Parigi Moutong,” ujarnya.(MC Parigi Moutong/Aco Dira/Ardiansyah/Kus)