Dharmasraya Punya Potensi Sumberdaya Mikrohidro

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Senin, 22 Januari 2018 | 08:24 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 242


Dharmasraya, Infopublik - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sambut program Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berlokasi di Bendungan Batang Hari Batu Bakawik. 

Hal ini, sesuai dengan peninjauan yang dilakukan rombongan pejabat kementrian tersebut dipimpin oleh  Kasubdit Pemanfaatan Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI, Saroni Soegiarto.

Saat peninjauan lapangan, rombongan dari kementrian itu didampingi langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kepala Dinas PUPR Dharmasraya Ir. Junaidi Yunus dan Kabag Humas Pemkab Dharmasraya, Arwenta, Jumat, (19/1).

Menurut Sahroni Soegiarto, perencanaan pembangunan PLTMH di wilayah Kabupaten Dharmasraya disebabkan adanya potensi cukup besar di kabupaten teranyar itu. Potensi nyata dimiliki saat ini, meliputi aliran air Bendungan Sungai Batang Hari. 

Secara kasat mata dan telah dilakukan pengecekan langsung, bahwasanya ketersediaan aliran air mencapai 86 kubik. Sedangkan untuk kebutuhan pengairan irigasi  mengaliri sawah masyarakat berkisar 25 kubik. Tentunya dengan sisa dimiliki, dapat dimanfaatkan untuk menjadi mesin penggerak ubin pembangkit listrik.

Sahroni menjelaskan, untuk pembangunan PLTMH, Kementerian PUPR RI, akan menggandeng pihak swasta, artinya tanpa memakai dana APBN. Sejauh ini, Kementrian PUPR-RI, telah melakukan lelang terhadap beberapa investor yang ingin berinvestasi untuk pembangunan PLTMH. Sedikitnya, tiga investor akan terlibat dalam pembangunan PLTMH dengan memiliki daya  4 megawatt tersebut. 

Dengan adanya wacana Kementrian PUPR-RI membangun PLTMH di wilayah kepemimpinannya, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan merasa mendapatkan durian runtuh. Pasalnya, dengan dibangunnya PLTMH bertempat di Bendungan Batu Bakawik akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan aliran listrik masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Dharmasraya. (MC Prov Sumbar/ Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom)