Kominfo Temanggung Sosialisasikan Internet Cerdas Buat Pelajar

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Sabtu, 20 Januari 2018 | 20:08 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 669


Temanggung, Infopublik - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung melakukan sosialisasi dampak pemanfaatan internet dan smart bersosial media.

‌Sosialisasi dilaksanakan di MTs Ma'arif Jumo Temanggung, Kamis (18/1), setelah sebelumnya juga dilaksanakan di MTs yang sama di Bejen dan Wonoboyo.

Jumlah peserta di MTs Ma'arif Jumo lebih dari 250 siswa dari kelas VII sampai IX. Kegiatan berlangsung hikmat dengan suasana hangat saling berinteraksi tanya jawab antara narasumber dan siswa.

‌Sesi pertama dibuka oleh Kokok Adhi Wiratmoko, selaku Kasi Pemberdayaan Komunikasi Informasi Publik. Menurutnya, internet banyak gunanya ada yang positif dan negatif. Positif contohnya bisa menghasilkan karya berupa videografi, karya ilmiah dan lain sebagainya. Sedangkan negatif lebih banyak lagi contohnya cyber crime (kejahatan didunia maya) pembajakan dimedia sosial dan lain lain.

‌Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Eko Kus Prasetyo. Ia menegaskan bahwa masyarakat perlu lebih hati-hati bermedia sosial terutama facebook, twitter, instagram karena media ini banyak peminatnya.

Ubahlah pasword secara berkala, batasi penggunaannya dan jangan gampang percaya orang di media sosial tanpa tahu asal usulnya.

‌Sosialisasi ini sangat membantu bagi siswa dan guru. Karena anak - anak bisa mengerti dan tahu tentang internet apalagi diusia dini seperti di MTs ini sangat rawan dan riskan terpengaruh dari luar kalau tidak pintar-pintar menjaring informasi yang aktual karena kita tidak bisa menolak teknologi.

Dengan adanya internet bisa mencari tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru, siswa bisa browsing mencari buku-buku materi pelajaran tidak seperti zaman saya dulu harus pakai buku fisik untuk belajar, tambah kepala sekolah MTs Ma'arif Jumo Bodo Muksin.

‌Perkembangan teknologi sangat pesat lewat internet. Siapapun bisa mengakses dan menikmati konten dengan berbagai macam keinginan penggunanya. Pergunakan sesuai apa yang menjadi kebutuhan jangan berlebihan karena yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif. (MC Tmg/Ova/Ekape)