Amankan Wilayah Laut, Koarmatim Siapkan Pasukan Pamtas Laut Tiga Negara

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 19 Januari 2018 | 13:32 WIB - Redaktur: Kusnadi - 158


Surabaya, InfoPublik  – Wilayah laut dan garis pantai terpanjang yang dimiliki oleh Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi jajaran dalam melakukan pengamanan wilayah. Tantangan itu juga menjadi bagian dari tugas TNI AL, salah satunya yakni bagi jajaran Komando Armatim yang akan kini mulai menyiapkan pengamanan perbatasan (pamtas) dengan negara lain.

“Kami mulai menyiapkan latihan untuk pratugas bagi pasukan pamtas. Ada tiga wilayah yang akan diamankan yakni perbatasan RI-Malaysia, RI-Philipina, dan RI-Australia,” kata Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani, Jumat (19/1).

Guna menyiapkan pasukan pamtas, pihaknya telah menggelar pelatihan dan pembekalan yang berisi materi tentang pengetahuan dasar intelijen dan Analisa Daerah Operasi (ADO) wilayah perbatasan tiga negara. Materi disampaikan Asintel Lantamal XIII Tarakan, Asintel Lantamal VIII Manado, dan Asintel Lantamal VII Kupang.

Sebanyak 300 personel yang terdiri dari pelaku sekitar 240 personel yang meliputi anggota KRI, Satkopaska Koarmatim, Lantamal VII, Lantamal VIII, Lantamal XIII serta tim pendukung 60 personel. Selain itu, juga diberikan pembekalan tentang Kepabeanan dari Bea Cukai Jawa Timur. Dilanjutkan pembekalan pengetahuan tentang UNCLOS 82, peran universal TNI AL, dan UU Pelayaran oleh Diskumarmatim.

Kegiatan latihan penyiapan Latpratugas Pamtas RI-Malaysia, RI-Philipina, RI-Australia tersebut dilaksanakan 15 hingga 19 Januari 2018. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/Kus)