Cegah Banjir, Pemkab Netralisasi Beberapa Sungai Di Kabupaten Pangkep

:


Oleh MC Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kamis, 18 Januari 2018 | 13:22 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Pangkep, InfoPublik – Untuk mengatasi banjir dan netralisasi sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tahun 2018 ini akan mengeruk lima sungai di berbagai wilayah di Kabupaten Pangkep, melalu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang Sungai dan Pantai.  

Kelima sungai tersbut adalah Sungai Anrongappaka, Sungai Langngalangnga, Sungai Biraeng, Sungai Labakkang dan Sungai Bontosuara Kassi. 

Hal itu disampaikan, Kepala Bidang Sungai dan Pantai, H Kallang,  beberapa waktu lalu. Terkait rencana pengerukan beberapa sungai yang telah ditetapkan lokasi sungai yang akan di netralisasi, Ia menjelaskan pengerukan beberapa sungai itu menelan anggaran sekitar Rp1,5 miliar dan akan dikerjakan secepatnya. 

"Pengerukan ini juga agar memperlancar lalulintas warga yang menggunakan perahu motor karena seringnya terjadi pendangkalan di badan sungai akibat erosi permukaan, selain dari mencegah terjadinya luapan dan banjir," tukasnya.

Disampaikan, perbaikan Sungai Pangkajene adalah dengan membangun talud di 25 lokasi, dengan menelan dana sekitar Rp 3 miliar.  Talud dibangun dengan kontruksi pasangan batu setinggi 2 meter, dan talut  dibangun untuk mencegah longsor di beberapa sisi yang ada pada badan sungai. 

"Talud tersebut juga diharapkan mampu mengurangi keluhan warga di sekitaran bantaran sungai yang sering longsor saat musim hujan," ujarnya.

Sedangkan untuk wilayah Kepulauan,  tahun ini juga akan dibangun pemecah ombak di wilayah Liukang Tupabiring Utara. Proyek ini juga diharapkan dapat mengurangi abrasi di wilayah kepulauan. (Ardi Wiranata/McPangkajene/Kus)