Komisi A Harapkan Pilkada Serentak 2018 Di Jatim Berjalan Guyub

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 18 Januari 2018 | 08:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 193


Surabaya InfoPublik - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim mengundang stakeholder terkait penyelenggara pemilihan Umum (pemilu) Kepala Daerah di Jatim. Pertemuan ini membahas persiapan pilkada serentak 2018 agar berjalan guyub dan rukun. 

"Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan isu yang berkembang ditengah masyarakat dapat ditangani dengan cepat,"ujar Ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Poernomo ditemui usai rapat koordinasi dengan penyelenggara pilkada Serentak Jatim 2018 di Banmus DPRD Jatim, Rabu (17/1). 

Untuk mengantisipasi isu SARA yang berkembang di masyarakat, pihaknya meminta agar penyelenggara pilkada serentak untuk selalu menggelar rapat koordinasi. Sehingga pelaksanaan pilkada serentak di Jatim 2018 berjalan dengan aman, lancar dan tanpa ada kericuhan yang terjadi. "Komisi A ingin penyelenggara pemilukada 2018 maupun 18 kab/kota tetap damai, sesuai dengan tagline KPU guyub dan rukun,"tegas Freddy Poernomo. 

Sementara itu Anggota Komisi A lainnya, Muzamil Syafii berharap agar penyelenggara pemilukada 2018 untuk tetap netral dan tidak memihak salah satu calon.  "Adanya sikap netral tersebut, diharapkan penyelenggara pemilukada benar - benar berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan, untuk masalah anggaran penyelenggara pemilukada untuk lebih berhati - hati dan teliti sesuai dengan undang - undang yang berlaku. 

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan, saat ini KPU terus melakukan proses pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2018. Mulai melakukan sosialisasi ke masyatakat. Bahkan untuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT) sudah terdaftat saat ini yaitu 31 juta DPT. 

Sementara itu Karo Ops Polda Jatim, Kombes Pol Hery Sitompul mengatakan, untuk mengamankan pilkada serentak di Jatim 2018 telah disiagakan 27 ribu personil. Untuk mengatasi isu SARA, Polda juga menurunkan tim cyber untuk memantau 24 jam internet dan mantau beberapa media. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-Pca/Eyv)