Kasad Pimpinan Sertijab 9 Pati dan 1 Pemen

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 15 Januari 2018 | 09:28 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, infopublik - Mayjen TNI Andika Perkasa resmi menjabat Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat TNI AD) menggantikan Letjen TNI Agus Kriswanto yang juga dilantik menjadi Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Pelantikan dan Sertijab tersebut bagian dari sembilan Perwira Tinggi (Pati)  dan satu Perwira Menengah TNI AD yang dimutasi oleh Panglima TNI. Sertijab tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono di Lapangan Upacara Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Senin (15/1).

Kesembilan Pati dan satu orang Pamen TNI AD yaitu jabatan Pangkostrad dari Letjen TNI Edy Rahmayadi kepada Letjen TNI Agus Kriswanto, jabatan Pangdam lX/Udayana dari Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak kepada Mayjen TNI Benny Susianto, dan jabatan Pangdam XII/Tanjungpura dari Mayjen TNI Andika Perkasa, kepada Mayjen TNI Achmad Supn’yadi.

Sementara tiga jabatan lainnya yaitu jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat TNI AD) dari Letjen TNI Agus Kriswanto kepada Mayjen TNI Andika Perkasa, jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Danseskoad) dari Mayjen TNI Dody Usodo Hargo kepada Brigjen TNI Kurnia Dewantara, serta jabatan Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Dansecapaad) dari Brigjen TNI Eka Wuharsa kepada Kolonel Inf Urip Wahyudi.

Sebagai informasi, ada dua pejabat yang akan mengakhiri masa dinasnya di TNI, yaitu Letjen TNI Edy Rahmayadi (pensiun dini). dan Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak (persiapan pensiun).

Prosesi pelaksanaan Sertijab diawali dengan penyerahan lambang-Iambang satuan dari pejabat lama kepada Kasad selaku lnspektur Upacara (Imp), dan kemudian lrup menyerahkan lambang-lambang satuan tersebut kepada pejabat baru. Sesudahnya, disambung dengan acara penanggalan dan pemasangan tanda jabatan, penandatanganan naskah Sertijab, serta Iaporan corps dari para pejabat yang melaksanakan Sertijab.

Upacara Sertijab kali ini dihadiri oleh Irjenad, para Asisten dan Kasahli Kasad, para Pangkotama, Komandan, Direktur, dan Kepala Balakpus TNI AD, Ketua Umum Persit Kartika Chandra mane beserta jajarannya, serta para Prajun't dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI AD.