Jakarta, InfoPublik - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyarankan pemerintah untuk mengembangkan energi panas bumi (Geothermal) untuk mengatasi krisis energi listrik yang mencapai 35 ribu Mega Watt (MW). 

"Energi panas bumi masih belum termanfaatkan. Ini suatu kewajiban kita untuk menguatkan energi panas bumi," kata Agus Hermanto di Jakarta, Jumat (12/1). 

Menurut dia, mengembangkan energi panas bumi disinyalir merupakan upaya yang ampuh dalam mengatasi kekurangan listrik. Karena Indonesia memiliki sumber daya panas bumi yang tidak akan habis dipergunakan selamanya. "kalau energi panas bumi merupakan energi terbarukan," katanya.

Selama ini, lanjut Agus, eksploitasi panas bumi hanya mencapai kisaran lima hingga sembilan persen. Apabila pemerintah dapat serius menggarap sektor panas bumi dipercaya krisis listrik dapat ditanggulangi. 

Maka dari itu, legislatif akan melakukan serangkaian diskusi membahas energi panas bumi, supaya dapat membantu mengatasi permasalahan listrik. Kemudian pihaknya akan melakukan perubahan pada aturan-aturan yang terkait dengan panas bumi yang diduga menghambat perkembangan energi itu. 

"Sekarang ini masih ada peraturan-peraturan yang harus disesuaikan," pungkasnya.