Siswa SMPN 5 Semangat Lakukan Gerakan Sejuta Lubang Biopori

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Sabtu, 13 Januari 2018 | 02:02 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 539


Sumenep, Infopublik -  Semangat anggota Pramuka di sejumlah Gugus Depan (Gudep) Pramuka di Sumenep dalam menyukseskan Gerakan Sejuta Biopori Pramuka Jawa Timur tampak dari peran serta peserta didik dalam menggali lubang biopori, seperti juga yang dilaksanakan adik-adik Pramuka Penggalang di SMPN 5 Sumenep.

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Sumenep, Moh Romli kepada Media Center, saat ditemui disela-sela kegiatan Gerakan Sejuta Biopori di SMPN 5 Sumenep, Jumat (12/1) pagi mengaku senang dengan semangat adik-adik Pramuka Penggalang yang asyik menikmati kerja bakti melubangi tanah di seputar lingkungan sekolahnya.

“Syukurlah, hanya dengan diberi penjelasan sedikit, bagaimana membuat lubang biopori sudah bisa melaksanakan dengan semangat dan hasilnya bagus,” ungkap Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep ini.

Menurutnya, dengan kegiatan Gerakan Sejuta Lubang Biopori yang dimotori Kwarda Jatim ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan terhadap anggota Pramuka tentang manfaat biopori bagi lingkungan hidup, sehingga tumbuh keasadaran dalam dirinya untuk peduli lingkungan.

Bahkan, tidak kalah pentingnya pula, manfaat yang lebih besar terhadap kelestarian lingkungan sekitarnya. Dan yang terpenting pula dengan lubang biopori ini tidak hanya sekadar membuat luang saluran resapan air saja, namun juga dapat membuat pupuk kompos.

Kepala SMPN 5 Sumenep, Syaiful Rahman Dasuki, sangat merespon kegiatan Gerakan Sejuta Lubang Biopori yang dilaksanakan di lembaga yang dipimpinnya. Karena disamping sangat bermanfaat untuk lingkungan sekolah, juga dapat menanamkan kepedulian siswa terhadap persoalan lingkungan.

“Tentunya ini juga sangat mendukung upaya sekolah kami dalam melaksanakan gerakan sekolah Adiwiyata, yang juga untuk mewujudkan sekolah yang sejuk, rindang, asri, dan bersih,” tambahnya. (Ren/Esha/Fer)