Sumenep, Infopublik -  Pembangunan Integrated Cold Storage (ICS) yang merupakan pabrik pengolahan ikan melalui dana APBN oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Kabupaten Sumenep, tepatnya di Desa Longos, Kecamatan Gapura diharapkan akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para nelayan di Sumenep.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Arif Rusdi, kepada Media Center, Jumat (12/1) mengungkapkan, pembangunan ICS tersebut merupakan satu-satunya di Madura dan di Jawa Timur, karena Sumenep memang layak sebagai daerah yang memiliki potensi perikanan dan memiliki banyak pulau sebagai penghasil ikan.

“Semoga dengan pembangunan ICS ini dapat mendongkrak perekonomian Sumenep, khususnya di bidang perikanan,” ungkap mantan Kepala Dinas Peternakan Sumenep ini.

Diakui, kapasitas ICS yang dalam waktu dekat sudah rampung ini mampu menampung sekitar 100 ton ikan. Karena itu, diharapkan masyarakat nelayan memanfaatkan pabrik pengolahan ikan ini, bahkan bisa mendokrak ekspor ikan ke luar negeri.

Lebih lanjut Arif Rusdi menjelaskan, dalam operasionalnya nanti akan dipasrahkan kepada pengusaha yang memang memiliki kompetensi di bidang usaha perikanan. Dan setidaknya nanti dapat menjembatani para nelayan di Sumenep termasuk nelayan dari kepulauan.

“Dipilihnya Desa Longos sebagai lokasi pembangunan ICS, karena dekat dengan sapling ikan dan dekat dengan pelabuhan, seperti Pelabuhan Dungkek, Bintaro dan bisa dijangkau nelayan dari kepulauan, seperti Sapudi, Sapeken, Raas, Kangean dan sebagainya,” tambahnya. (Ren/Esha/Fer)