Jakarta, InfoPublik – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP), Jumat (12/1) melaksanakan bazar beras murah. Bazar ini akan dilaksanakan di 4 Provinsi sekaligus sebagai salah satu cara pemerintah untuk menekan harga beras yang akhir akhir ini mengalami kenaikan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Menurut Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi, bazar beras murah ini sebagai upaya pemerintah dalam merespon harga beras yang belakangan ini melonjak tajam. Adapun total beras yang didistribusikan totalnya untuk hari ini sebesar 120 ton, antara lain untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta, sementara untuk di wilayah DKI sendiri dalam pekan ini sebanyak 20 ton, Jawa Barat 80 ton, Jawa Tengah 10 ton dan Yogyakarta 10 ton.

"Bazar beras  ini Kita laksanakan secara serentak di empat provinsi. Secara simbolis kita laksanakan di Toko Tani Indonesia-Center Pasar Minggu Jakarta Selatan," kata Agung di Toko Tani Indonesia, Jumat (12/1).

Ia memaparkan, pelaksanaan bazar beras murah dilakukan sebagai peran pemerintah mengatasi kecenderungan harga beras naik dan membantu Perum Bulog melaksanakan operasi pasar.

"Tujuan pelaksanaan bazar ini kita tahu akhir-akhir ini harga beras naik dan kemudian harus ada action pemerintah, pertama Bulog melaksanakan operasi pasar yang sudah berlangsung 3 minggu, tapi tentu nggak cukup jadi BKP dan Kementan bersama-sama melaksanakan bazar," sambungnya.

Ia memaparkan bahwa nantinya beras jenis medium yang dijual dalam bazar ini dipatok Rp8.800/kg. Harga tersebut murah karena adanya kerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Beras dijual Rp8.800/kg ini murah karena kita memiliki Gapokan jadi bisa memberikan beras medium dengan harga yang terjangkau," tuturnya.

Dengan adanya bazar tersebut, pihaknya berharap harga beras dan pasokan pangan lainnya bisa kembali normal. "Jadi bisa memengaruhi harga beras medium dan harga pangan yang lain supaya harga bisa kembali ke normal," pungkasnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan bazar di DKI Jakarta akan dilakukan di 11 titik dengan menggunakan mobil box, yakni ke Pasar Pondok Labu, Pasar Induk Beras Cipinang, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Mampang, Pasar Warung Buncit, Pasar Cipinang Melayu, Kelurahan Cilandak Timur, Kelurahan Ragunan, Pasar Cijantung, Pasar Kramat Jati dan Kecamatan Tebet. Selain itu, komoditi lain yang dijual ada bawang merah Rp18 ribu/kg, minyak goreng Rp11 ribu/liter dan gula pasir Rp12 ribu/kg.