Pematangsiantar, InfoPublik – Walikota Pematangsiantar Hefriansyah, SE berharap perubahan ke arah perbaikan untuk menyongsong masa depan, peran pemuda sangat besar dalam pembangunan.  Untuk itu, Pemerintah Kota dan organisasi kepemudaan harus bersama seiring sejalan, jangan saling menghujat, dan Kota Pematangsiantar  akan menjadi salah satu kota paling toleran se-Indonesia.

"Tanah ini habonaron do bona, kita heterogen, semua bisa menginjakkan kaki di Pematangsiantar, kita ini bersaudara sebangsa dan setanah air, kita haramkam primordialisme dan perbedaan, kita semua bhineka tunggal ika, Danau Toba menjadi destinasi wisata, Kota ini harus kita pertahankan menjadi kota penyangga wisata," ujar walikota dalam sambutannya pada acara silahturahmi pemuda dan syukuran tahun baru 2018 yang digelar dewan pimpinan daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI), di Restaurant Internasional Jalan Gereja, Kamis sore (11/1).

Acara dengan tema "Peran Pemuda dalam Mensukseskan Pembangunan Menuju Kota Pematangsiantar agar Lebih Mantap Maju dan Jaya ini dihadiri organisasi kepemudaan se-Kota Pematangsiantar,  Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Robinson Tallupadang, Kapolres Pematangsiantar diwakili kasat Bimas AKP M Yusuf bersama kanit Binkamsyah Ipda Ali Umar, Dan Rindam I BB diwakili Kasiter Mayor Inf Legiman, ketua DPRD diwakili Tonggam Pangaribuan Asisten I Leonardo Simanjuntak, SH, M.Hum, Robert Siregar (Akademisi USI) dan beberpa pimpinan OPD terkait.

Walikota menyampaikan, peran pemuda sangat signifikan, berperan meningkatkan semangat, dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, juga dalam peperangan meraih kemerdekaan pada saat itu.

Pemuda dapat menjadi soko guru kemandirian, penanam jiwa patriotisme dan nasionalisme yang bermuara pada terciptanya suasana kondusifitas nasional khususnya di kota Pematangsiantar agar lebih mantap maju dan jaya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD KNPI Parlaungan Purba menyampaikan rasa bangga kepada Walikota Hefriansyah,  yang sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Walaupun beliau sudah menjadi orang nomor satu di kota ini, namun tetap mengenakan jaket kebesaran KNPI," ungkapnya.

Dalam sambutan Kasat Bimas mewakili Kapolres mengisahkan, Ketua MUI Pematangsiantar mengatakan kota ini teraman dan termesra, selain ikatan ikatan agama juga ikatan adat yang mengikat kebersamaan.

"Kapolres meminta kepada para pemuda berjuang untuk Kota ini," ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0207/Simalungun dalam sambutanya berujar, "di kota ini kerukunan antar umat bergama masih terjaga, saya meminta OKP ikut mendukung dan mensukseskan pembangunan, TNI siap mendukung pembangunan kota Pematangsiantar sehingga pembangunan dapat berjalan aman lancar dan kondusif untuk kesejahteraan masyarakat,"  pungkasnya.(Humas/C1/S2/Kus)