Transjabodetabek Premium Mulai Merambah Tangerang

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 10 Januari 2018 | 14:46 WIB - Redaktur: Juli - 904


Jakarta, InfoPublik - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada Rabu (10/1) meluncurkan Bus Transjabodetabek Premium untuk melayani rute dari Tangcity, Kota Tangerang  ke ITC Kuningan, Jakarta Selatan. 

Trayek PPD ini baru sebatas melayani rute   mall ke mall, namun segera akan juga melayani dari Tangcity ke Bandara Soekarno-Hatta. 

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, Transjabodetabek Premium dari Tangerang City (Tangcy) Mall ke ITC Kuningan ini diharapkan bisa menarik bagi pengguna kendaraan pribadi untuk berpindah ke angkutan umum. 

"Kita mulai nih buka layanan di Tangerang. Titik awal dari Tangcity, nanti berkenan di titik lain di kawasan Tangerang. Semoga bisa menarik masyarakat untuk berpindah ke angkutan umum," kata Bambang Pri, Rabu (10/1).

Sementara itu, Dirut PPD Pande Putu Yasa menjabarkan, bus Transjabodetabek Premium menggunakan fasilitas kursi dua dua, wifi, AC dan full music. "Selain fasilitas yang nyaman, kami juga berkomitmen melayani dengan jadwal dan ketepatan waktu."

Pada tahap awal, lanjut Putu, Perum PPD mengenakan tarif promo Rp20.000 dengan jadwal tiga kali keberangkatan setiap 30 menit sekali mulai pukul 05.30 – 06.00 – 06.30 dan 17.00 – 17.30 – 18.00. "Untuk tarif promo ini akan kami lihat sebulan ke depan bagaimana permintaannya. Kalau sudah meningkat, baru kami tetapkan tarif normal," ujarnya.

Perum PPD nantinya akan menyiapkan 10 unit bus untuk diberangkatkan dalam rute tersebut setiap harinya. Jumlah tersebut akan ditambah terus seiring meningkatnya permintaan layanan bus menuju Jakarta. "Rute bus melalui jalan tol via lajur khusus angkutan umum di jalan tol," kata Putu.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono meminta Perum PPD dapat mempersingkat waktu tempuh menuju Jakarta. Bambang optimis, rute ini menjadi pilihan warga Tangerang dan sekitarnya mengingat tarif dan fasilitas yang disiapkan menjamin keaman dan kelancaran.

Bambang Pri juga berharap, uji coba ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk memulai menggunakan angkutan umum dan tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi dalam beraktivitas. "Ini bus menghubungkan mall ke mall, jadi cocok untuk masyarakat yang hobby ke mall," katanya.

Bambang Pri menambahkan, BPTJ bersama para operator dan pengembang akan terus mengembangkan layanan transportasi yang nyaman bagi masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan layanan transjabodetabek premium dangan fasilitas yang nyaman dan handal.