Operasi Pasar, Wagub DKI Pastikan Stok dan Harga Komoditas Pangan Stabil

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 10 Januari 2018 | 14:43 WIB - Redaktur: Juli - 254


Jakarta, InfoPublik - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi Pasar Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/1) untuk mengecek operasi pasar yang dilaksanakan di pasar tersebut. Operasi pasar dilaksanakan untuk mengecek kestabilan harga komoditas pangan yang ada di lapangan.

“Kita memastikan bahwa harga komoditas pangan terutama beras di  masyarakat itu tidak melambung,” terangnya.

Disebutkan, dari pantauan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, harga beras berada di level Rp11.000 dan Rp12.000 per kilogram. Meski demikian suplai dan stoknya mencukupi.

“Tapi harga beras yang melalui program pemerintah seperti yang terlihat di spanduk itu adalah Rp9.300 per kilogram, dan masyarakat  tidak perlu khawatir karena suplai dan stoknya cukup dengan kualitas yang baik untuk warga,” tuturnya.

Dirinya juga sempat berkoordinasi dengan Menteri Pertanian melalui jaringan telepon saat melakukan operasi pasar untuk menambahkan stok beras bagi wilayah DKI Jakarta dengan kualitas yang baik.

Ia juga berpesan kepada Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasruddin  agar distribusi komoditas pangan, khususnya beras tetap lancar dan stabil, jangan sampai terlambat.

Menanggapi hal itu, Arief Nasruddin menyampaikan, bahwa stok beras subsidi bagi warga Jakarta terbilang aman. Menurutnya, ada 17 pasar di bawah jajarannya yang tetap menyediakan beras subsidi bagi warga.

Stok komoditas pangan lainnya, seperti telur dan daging untuk penerima KJP juga mencukupi dan berkualitas baik. “Kapasitasnya sesuai dengan apa yang menjadi estimasi kita mingguan, di setiap pasar beda. Di Pasar Santa untuk beras 200 bal,  telurnya kira-kira 200-300 tray,” paparnya.

Turut hadir bersama dalam operasi pasar ini anggota DPR RI Aryo P.S, anggota DPRD DKI Jakarta Syarif, Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasruddin, Dirut Dharmajaya Marina Ratna Dwi, Dirut Food Tjipinang Arief Prasetyo Adi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Darjamuni, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan bersama Asisten Ekbang dan Kabag Perekonomian, Camat Kebayoran Baru, serta Lurah Petogokan.