Serdang Bedagai, InfoPublik – Pameran Pembangunan dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara ke-14 tahun 2018 yang berlangsung sejak 6 Januari 2018 secara resmi ditutup oleh Bupati Ir. H. Soekirman, Selasa (9/1) sore bertempat di lapangan Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan.

Penutupan pameran yang berlangsung selama empat hari turut dihadiri Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Kapolres Sergai AKBP Nicholas Ari Lilipaly, SH, SIK, MH, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, Ketua MUI Sergai KH.Luckman Yahya, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Camat, TP PKK kecamatan, perwakilan dari instansi vertikal, para pelaku usaha serta ratusan undangan lainnya.

Mengawali sambutannya Bupati Soekirman yang didampingi Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM bersama Kajari Sergai Jabal Nur, SH, MH, Kapolres Sergai AKBP Nicholas Ari Lilipaly, SH, SIK, MH menyampaikan bahwa pameran pembangunan yang memajangkan produk-produk unggulan desa ini kedepannya diharapkan dapat terus meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas serta peningkatan pemasaran produk sehingga minat investor yang ingin berinvestasi di Tanah Bertuah khususnya di pedesaan  juga meningkat.

Selain dari produk unggulan desa, terdapat juga instansi vertikal seperti Kantor Kajari, Kantor Kepolisian, Kantor Kemenag, Koramil juga turut serta dalam pameran ini dengan memberikan informasi dan kesempatan bagi masyarakat untuk berkonsultasi terkait tugas dan fungsi masing-masing instansi. Hal ini akan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai pelayanan publik yang dapat diperoleh masyarakat, kataya.

Demikian halnya juga dengan pihak swasta yang turut memeriahkan acara pameran ini antara lain Perbankan, Universitas, PT. Taspen, PT. Fajar Agung, RS. Melati, telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh keberadaan dan kegiatan usaha tersebut, dengan harapan masyarakat dapat mendukungnya sehingga keberadaannya di Sergai bisa mendukung peningkatan perekonomian Sergai, ungkap Bupati.           

Sebelumnya Ketua Panitia Bidang Pameran Hj. Nina Deliana H, S.Sos, M.Si melaporkan bahwa untuk jumlah keseluruhan yang mengikuti pameran sebanyak lebih kurang 150 stand yang terdiri dari OPD Pemkab Sergai sebanyak 38 stand, Universitas 1 stand, Perusahaan BUMN/BUMD 10 stand, Instansi Vertikal 4 stand, Ormas 5 stand, Kelompok UKM 15 stand dan selebihnya pedagang kaki lima 15 stand.

Diakhir acara diisi dengan lucky draw dan pengumuman pemenang perlombaan stand dan pawai produk unggulan. Untuk juara perlombaan pawai produk unggulan juara I diaraih oleh Kecamatan Perbaungan, juara II Tanjung Beringin, juara III Dolok Masihul, harapan I Tebing Tinggi, harapan II Tebing Syahbandar dan harapan III Teluk Mengkudu. Sedangkan untuk perlombaan pameran pembangunan juara I diraih stand PKK Sergai, juara II Dinas Kominfo, juara III Dinas Pendidikan, harapan I Kecamatan Sipispis, harapan II Dinas PMP2TSP, harapan III BAPPEDA. Sedangkan untuk stand pavorit diraih GOPTKI dan DWP Sergai. Untuk stand pavorit vertikal diraih PT. Fajar Agung dan NAY Production. (MCSergai/vivi)