Guru SMAN I Batuan Sumenep Promosikan Tarian Indonesia di India

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 9 Januari 2018 | 15:37 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 1K


Sumenep, InfoPublik - Febria Ika Rustyana, salah seorang guru seni tari di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Batuan Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur mempromosikan kesenian tari tradisional Indonesia di India.

Sebelumnya Febri, sempat mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet gelar Juara 1 di event Fashion Carnival, Melbourne, Australia. Bahkan pernah diundang khusus untuk perform/tampil di acara HUT Papua New Guinea (PNG). Dan, pada tahun 2015 juga tampil di World Economic Center Forum, Swiss dan sebagainya.

“Hari ini saya berangkat ke Mumbai, India dalam rangka mempromosikan kesenian Indonesia di sana,”ungkapnya lewat pesan pribadinya ke Media Center, Selasa (9/1).

Menurutnya, sesuai keahlian yang ditekuninya setiap keluar negeri, selalu mempromosikan tari tradisional daerah. Hanya kebetulan tari tradisional yang akan ditampilkan merupakan tari dari Bali, Sunda dan Banyuangi, karena sesuai permintaan tuan rumah.

Diakui Febri, pinginnya tari tradisional sendiri dari Sumenep, Madura juga bisa ditampilkan, namun karena permintaannya seperti itu, jadi tetap dilaksanakan. Suatu saat Febri mengaku akan bangga bisa mempromosikan kesenian Madura yang kaya budaya keluar negeri.

“Ini mungkin bisa jadi cambuk buat kita semua untuk lebih meningkatkan segala bentuk budaya dan seni yang ada di Madura. Namun, setidaknya sebagai orang Sumenep saya sangat senang bisa go internasional di bidang seni tari ini,”pungkasnya. ( Ren/Esha/Fer )