DKPP: Tahapan Pendaftaran Paslon Pilgub Jatim 2018 Sudah Sesuai Peraturan Pemilu

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 9 Januari 2018 | 15:12 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 173


Surabaya, InfoPublik - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), menyatakan proses pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan KPU Jatim sudah memenuhi kebutuhan dan peraturan undang - undang pemilu yang berlaku.

Ketua DKPP RI, Prof Dr Hardjono di KPU Jatim, Selasa (9/1) mengatakan, secara garis besar, KPU Jatim sudah memenuhi kebutuhan dengan mempersiapkan pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. Walaupun, pada hari pertama pendaftaran Senin (8/1) hingga pukul 16.00 Wib belum ada satu Bacalon yang mendaftar. “Semua berjalan lancar, persiapan yang dilakukan oleh KPU Jatim juga sudah berjalan maksimal, meski di hari pertama belum ada yang mendaftar,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada pihak penyelenggara pemilukada di Jatim yaitu, KPU dan Bawaslu Jatim melaksanakan tugas sebaik-baiknya, untuk melaksanakan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Ia juga menyampaikan agar KPU Jatim bisa belajar dari pengalaman sebelumnya, dalam melaksanakan tahapan Pilkada Jatim 2018. Menurutnya, kalau dari pengalaman sebelumnya barangkali saat memasuki saat jam terakhir atau hari terakhir, biasanya baru ada yang mendaftarkan diri.

Tidak hanya terkait dengan pendaftaran. Hardjono berharap dalam pelaksanaan Pemilukada saat ini, hal-hal yang menjadi persoalan dan yang bisa menimbulkan suatu masalah bisa dikurangi. Sehingga pelaksanaan Pilkada Jatim 2018 dapat berjalan dengan Guyub Rukun, sesuai dengan tagline yang diusung. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar, sesuai dengan tahapan yang sudah disahkan, termasuk bakal calon akan ada yang segera daftar,” ujarnya.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Prof Dr Harjono, saat berkunjung ke KPU Provinsi Jatim. Dalam kunjungannya, Hardjono yang memantau tahapan bacalon juga sempat berdiskusi dengan beberapa wartawan di media center KPU Provinsi Jatim.

Kehadiran orang nomor satu di DKPP RI itu, diterima langsung oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provisi Jatim Aang Kunaifi, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyakarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-pca)