Lima Daerah WTP, BPKP RI Puji Pemerintah Gorontalo

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Selasa, 9 Januari 2018 | 10:11 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 402


Gorontalo, InfoPublik – Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Ardan Adiperdana memberikan apresiasi  kepada pemerintahan se Provinsi Gorontalo atas keberhasilan selama ini dalam hal pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal ini dikatakan Ardan saat menghadiri langsung pelantikan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, di ruang Dulohupa, Kantor Gubernur Gorontalo, Senin (8/1).

“Dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terimakasih, khususnya kepada Gubernur Gorontalo sebagai pimpinan tertinggi di daerah. Ada leadership yang menurut kami sangat berhasil membuat setiap pemerintahan di daerah meraih WTP,” ungkap Ardan.

Ungkapan Ardan itu merujuk pada pencapaian WTP lima dari tujuh daerah yang ada di Gorontalo. Kecuali Boalemo dan Gorontalo Utara, lima daerah lain yakni Kota Gorontalo, Bone Bolango, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, dan Provinsi Gorontalo berhasil meraih predikat WTP dalam pelaporan keuangan tahun 2016 lalu.

Pencapaian itu menjadikan Gorontalo berada di angka 71,43% atas-atas rata-rata nasional, bila dibandingkan dengan angka nasional yang hanya di angka 70% pemerintah daerah telah memperoleh opini WTP dari BPK RI.

Capaian Gorontalo juga cukup memuaskan untuk Sitem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Secara nasional baru 57 Pemda yang telah mencapai level 3, sementara Gorontalo empat dari tujuh pemerintah daerah telah mencapai skor 3 untuk sistem pengendalian keuangan.

Sementara yang berkaitan dengan kepabilitas aktif atau aparat inter pemerintah secara nasional sampai dengan desember 2017, baru 53 pemerintah daerah sudah mencapai dari 500 lebih pemerintah daerah dan gorontalo telah menyubangkan sampai dengan desember kemarin sudah 5 dari tujuh aparat pengawasan inter pemerintah, atau 71 persen untuk skala nasional

“Dengan penjelasan yang sangat detail ini, saya mengucapkan selamat untuk pemerintah daerah Gorontalo yang telah mencapai skala nasional. Ini tercapai berkat kerja keras seluruh pemerintah daerah dengan leadership bapak gubernur,” imbuhnya.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam sambutannya berterimakasih atas kerjasama dan sinergitas dari BPKP kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Rusli menilai, BPKP RI banyak membantu pemerintahannya untuk memperbaiki sistim pengelolaan keuangan di daerah.

“Kami punya tiga orang pejabat yang kami minta dari BPKP RI untuk mendampingi pemerintahan kami.  Ada yang jadi Kadis Keuangan, Inspektorat dan Staf Ahli Gubernur. Jadi itu yang membuat kami pemerintah provinsi dan kabupaten kota, selalu terbuka sehingga mendapatkan prestasi yang sangat bagus di tingkat nasional,” tutur Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Rusli juga melantik Supriadi sebagai Kepala BPKP Perwakilan Gorontalo. Supriadi menggantikan pejabat lama Tri Handoyo. Serah terima jabatan disaksikan langsung oleh Kepala BPKP RI Ardan Adiperdana. (mcprovgorontalo/humas/ecin/vira)