Bupati Lampung Timur Buka Layanan Khusus Pengaduan Pedagang

:


Oleh MC KABUPATEN LAMPUNG TIMUR, Selasa, 9 Januari 2018 | 10:09 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Lampung Timur, InfoPublik  - Bupati Lampung Timur, Chusnunia bertekad menjaga kelestarian pasar tradisional dengan membuat layanan pengaduan khusus pedagang. Hal itu disampaikannya pada acara Penyerahan 40 Toko/Kios Pasar di Balai Desa Sumber Gede, Kecamatan Sekampung, Senin (8/1).

Ditegaskan Chusnunia, demi mencegah terjadinya salah komunikasi antara pedagang dengan pemerintah maka diperlukan tim layanan komunikasi.

“Saya minta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membuat layanan pengaduan khusus dari pedagang kepada dinas terkait. Saya minta untuk membuat tim layanan komunikasi pedagang pasar demi mencegah terjadinya salah komunikasi,” ucap Chusnunia.

Penyerahan 40 toko/kios tersebut merupakan lanjutan dari target awal sejumlah 345 toko/kios yang akan dibangun dan diserahkan oleh pemerintah kepada para pedagang akibat musibah kebarakan pada tahun 2007 silam yang telah menelan kerusakan sejumlah 345 toko/kios milik pedangang yang saat ini direlokasi pada penampungan sementara.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Rosdi mengatakan, pada 2008 telah dibangun sebanyak 56 toko/kios, dan dilanjutkan pada tahun 2009 dengan membangun 48 toko/kios.

“Namun untuk tahun 2010 dan tahun 2011 tidak dilakukan pembangunan karena tidak teranggarkan,” jelas mantan Kabag Hukum Setdakab Lampung Timur tersebut.

“Pada tahun 2012 pembangunan dilanjutkan lagi dengan membangun sejumlah 32 toko/kios, dan tahun 2013 dilakukan pembangunan 64 toko/kios. Sehingga sampai dengan saat ini sudah terbangun sebanyak 240 toko/kios dan tinggal menunggu kekurangannya sejumlah 105 toko/kios,” imbuh Rosdi.

Sapuan, salah seorang pedagang asal Desa Sumber Gede Kecamatan Sekampung mengaku bersyukur dapat berdagang kembali,  “Mudah-mudahan lancar. Untuk usaha kita dan kios yang belum terbangun mudah-mudahan segera terbangun semua”, ungkapnya.

Usai pengarahan, Chusnunia melanjutkan aktivitasnya dengan melakukan peninajauan toko/kios yang diserahkan sembari berbelanja buah-buahan serta makan soto milik salah satu pedagang dengan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Najiullah Syarif, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Rosdi.(MC.Lampung Timur/Eyv)