Jakarta, InfoPublik - Kementerian Kesehatan membagikan beberapa tips bagi yang sedang atau ingin menjalankan program diet sehat.

Tips pertama adalah gunakan piring kecil saat menyantap makanan. Hal ini dapat mengurangi asupan kalori hingga 22 persen. “Minum dahulu sebelum makan. Kadang-kadang tubuh kita salah mengartikan antara rasa lapar dan haus. Maka dari itu minum segelas air putih dahulu untuk mengantisipasi hal tersebut,” demikian keterangan pers Kementerian Kesehatan, Selasa (9/1).

Tips selanjutnya disebutkan harus perlahan saat makan. Otak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dan baru bisa menyadari bahwa kita sudah kenyang. Jika makan dengan cepat, maka akan lebih banyak makan dari yang dibutuhkan tubuh.

Bagi yang suka berbelanja, tips berikutnya yaitu lebih baik makan terlebih dahulu sebelum memulai belanja. Berbelanja dalam keadaan perut kosong akan membuat kita kalap dan ingin banyak makan.

Tips berikutnya yaitu sebisa mungkin menghindari makanan ringan tidak sehat, dan tips terakhir yaitu perbanyak porsi sayuran. Sayuran merupakan makanan yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga akan membantu untuk kenyang lebih lama.