Dinsospemas Kota Batam Bantu Sembako 600 Anak Panti

:


Oleh MC Kota Batam, Selasa, 9 Januari 2018 | 08:15 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 243


Batam, Infopublik - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam menganggarkan lebih dari Rp 3 miliar untuk bantuan bagi anak panti asuhan.

Kepala Dinsospemas, Hasyimah mengatakan saat ini sedang verifikasi penerima bantuan.

"Penerima bantuan 600 anak, Rp 25.000 selama 180 hari. Sekarang sedang kita lelang," kata Hasyimah di Batam Centre, Senin (8/1).

Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako yang berisi beras, kacang hijau, sarden, dan susu. Penyerahan bantuan diberikan satu bulan sekali.

Selain sembako, bantuan yang djberikan juga berupa peralatan sekolah. Yakni tas, baju seragam, dan sepatu sekolah.

"Juni penyerahannya. Sekarang sedang lelang konsultan perencanaan," kata dia.

Ia mengatakan tahun lalu ada 30 lembaga kesejahteraan sosial anak atau panti asuhan yang menerima bantuan sosial dari Pemerintah Kota Batam. Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai dengan menghitung jumlah anak per panti.

Tahun ini bantuan diberikan dalam bentuk sembako agar bisa dilaksanakan rutin. Karena sesuai ketentuan pemerintah pusat, bantuan sosial tidak boleh diberikan setiap tahun.

Hal ini sesuai permintaan Walikota Batam, Muhammad Rudi saat anjangsana ke panti asuhan dalam rangka Hari Kemerdekaan tahun lalu. 

"Saya sudah sampaikan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, supaya dianggarkan di 2018. Jadi sekarang panti data semua, supaya betul-betul dapat. Dan kepada pengurus panti asuhan, supaya bantuan jalan terus, buka data sebenar-benarnya ke Dinsos. Contoh ada anak yang sudah keluar, sehingga berkurang, laporkan juga. Jangan sampai dibilang data fiktif karena nama ada, anaknya tak ada. Tidak boleh dimanipulasi satu rupiah pun," pesan Rudi. (MC Batam Kartika)